13 Komponen Transmisi Mobil Manual

 13 Komponen Transmisi Mobil Manual

13 Komponen Transmisi Mobil Manual

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang macam komponen transmisi mobil, komponen ini cukup penting karena saling terhubung dalam mengatur transmisi mobil. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang komponen transmisi apa saja yang akan kita bahas, mari simak penjelasan dibawah ini

13 Komponen Transmisi Mobil Manual

Transmisi pada mobil pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu manual dan otomatis, kali ini kita akan membahas macam komponen transmisi pada mobil manual. komponen transmisi saling terhubung dalam menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin. Karenanya cukup penting untuk mengetahui komponen apa saja yang terdapat pada transmisi mobil manual sobat info-otomotif.

1.  Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt)

Poros input transmisi merupakan sebuah poros yang bekerja sama dengan kopling dalam memutar gigi didalam gearbox.

2. Gigi Transmisi (Gear Transmission)

Gigi transmisi berfungsi mengubah input tenaga yang dihasilkan mesin menjadi output yang sesuai dengan kebutuhan kondisi kendaraan ataupun kondisi jalan.

3. Gigi Penyesuaian (Synchcroniser)

Synchcroniser berguna untuk memindahkan gigi walaupun kendaraan dalam kondisi berjalan.

4. Garpu Pemindah (Shift Fork)

Pada dasarnya, garpu pemindah berfungsi untuk memindahkan gigi pada porosnya sehingga gigi akan lebih mudah untuk dipasang atau bahkan dipindahkan.

5. Tuas Penghubung (Shift Linkage)

Tuas penghubung berfungsi menghubungkan tuas perseneling pada shift fork.

6. Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever)

Tuas ini berfungsi memindahkan gigi transmisi sesuai kebutuhan pengemudi.

BACA JUGA : MANA YANG LEBIH BAIK LAMPU PUTIH ATAU LAMPU KUNING

7. Bak Transmisi (Transmission Case)

Bak Transmisi digunakan sebagai dudukan bearing transmisi beserta dengan poros-porosnya. Bak transmisi  juga dapat digunakan sebagai wadah untuk menyimpan oli transmisi mobil. Dengan demikian, pergerakan atau pergeseran setiap komponen di dalam sistem transmisi mobil bisa tetap lancar dan juga halus.

8. Output Shaft

Output shaft merupakan sebuah poros yang memiliki fungsi untuk mentransfer torsi yang berasal dari sistem transmisi ke gigi terakhir. Selain itu, komponen tersebut juga bisa digunakan sebagai dudukan persneling pada sebuah mobil.

9. Bantalan atau Bearing (Main Bearing)

Sebenarnya, komponen ini berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara permukaan komponen yang berputar di dalam sistem transmisi.

10. Counter Gear

Counter gear digunakan untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

11. Reverse Gear

reverse gear atau dapat diartikan gigi mundur ini yang menyebabkan mobil dapat berjalan mundur saat tuas perseneling dipindah kea rah reverse.

12. Hub Slave

Hub slave berfungsi sebagai pengunci penyesuaian gigi percepatan. Dengan adanya komponen ini maka dapat membuat output shaft menjadi bisa berputar dan juga berhenti.

13. Speedometer Gear

Berfungsi mengukur laju kecepatan kendaraan saat dikemudikan.

transmisi adalah komponen yang penting bagi mesin karena berfungsi mengubah tenaga sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Untuk menjaga sistem transmisi dalam kondisi baik sobat Info-Otomotif dapat melakukan perawatan dengan cara mengganti oli transmisi secara rutin, utuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by OTOSIA

 

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »