4 Fungsi roda gila atau flywheel

 4 Fungsi roda gila atau flywheel

fungsi roda gila atau flywheel

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian komponen mesin yang berfungsi menyimpan energi gerak pada mesin, yang akan kita bahas kali ini adalah roda gila atau flywheel. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang roda gila simak penjelasan dibawah ini

FUNGSI RODA GILA ATAU FLYWHEEL

Flywheel atau biasa disebut  roda gila adalah bagian komponen mobil yang berbentuk piringan dengan tepi bergerigi yang dipasangkan pada flensa as kruk/poros engkol, fungsi gerigi pada roda gila adalah untuk menghidupkan mesin karena terhubung dengan pinion stater, simak penjelasanya dibawah ini untuk mengetahui lebih banyak fungsi roda gila.

Menggerakan Mesin Pertamakali

Roda gila menjadi tempat pertama kali mesin bergerak/berputar, karena roda gila terhubung dengan pinion stater, setelah roda gila bergerak oleh stater saat itulah proses kerja mesin dimulai, setiap bagian mesin memulai kerjanya dari masuknya bahan bakar ke mesin, terjadinya proses pembakaran hingga menghasilkan daya putar yang kuat sehingga mobil dapat bergerak.

baca juga : 6 jenis bearing pada mobil

Menyimpan Tenaga Mekanik (Momen Inersia)

Setelah mesin dihidupkan roda gila akan berputar, disaat itulah momen inersia terjadi (inersia:gerakan suatu benda berputar pada porosnya), ketika mesin sudah memiliki energi putar sendiri maka rodagila dapat menyimpan dan menyalurkan energi tersebut.

Membuat Putaran Mesin Menjadi Stabil

Seperti pada penjelasan sebelumnya, fungsi flywheel sendiri salah satunya adalah mampu menyimpan energi mekanik atau momen inersia, karna kemampuanya menyimpan energi putar flywheel yang terpasang pada crankshaft mampu menyeimbangkan kinerja mesin dengan cara melepaskan energi pada piston yang tidak menghasilkan gaya.

Oleh karena itu flywheel otomatis meredam kecepatan putaran yang tidak seimbang dan menjadikan putaran mesin lebih selaras dan memperhalus gerak mesin.

Menjadi Tempat Penempelan Komponen Kopling Mobil

Flywheel juga berfungsi sebagai tempat menempelnya komponen kolping mobil, cluth cover menempel pada flywheel  dan terdapat  plat kopling yang terhubung dengan transmisi, jadi saat kopling menjepit energi dapat disalurkan melalui poros transmisi, begitu sebaliknya jika tidak terjepit maka energi yang disalurkan akan terputus.

flywheel adalah komponen penggerak pada mesin oleh karena itu harus dilakukan perawatan mesin secara rutin agar kinerja mesin maksimal. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

 

 

 

 

Featured image by infoinaja

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »