5 langkah menjaga mesin mobil diesel dengan purging

 5 langkah menjaga mesin mobil diesel dengan purging

5 langkah menjaga mesin mobil diesel dengan purging

Halo sobat Info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang apa yang harus dilakukan sobat Info-Otomotif untuk menjaga mesin mobil diesel agar selalu optimal. untuk mengetahui apa yang harus dilakukan simak penjelasan dibawah berikut

MENJAGA MESIN MOBIL DIESEL DENGAN PURGING

Dalam menjaga mesin mobil diesel tidaklah terlalu sulit, beberapa hal penting seperti menjaga kebersihan bahan bakar, kotornya bahan bakar akan berimbas kepada tangki bahan bakar kebersihan tangki bahan bakar, injektor, filter solar, saluran bahan bakar.

Salah satu caya yang dapat sobat Info-Otomotif lakukan adalah melakukan diesel purging setiap menempuh jarak 20.000 km, namun jika ingin lebih maksimal dapat juga dilakukan setiap menempuh jarak 10.000 km, apalagi jika mobil sudah menganut sistem common rail namun masih menggunakan bahan bakar subsidi.

Beberapa contoh kendaraan yang sudah menggunakan common rail : Renault duster, Toyota fortuner, Chevrolet captiva,Toyota kijang innova, Mitsubishi pajero sport dan masih banyak lagi.

APA ITU PURGING ?

Salah satu cara merawat kebersihan bahan bakar dan saluran bahan bakar adalah melakukan diesel purging, Purging sendiri adalah suatu cara yang praktis untuk membersihkan injector/ nosel/ komponen di pompa injeksi atau jalur bahan bakar tanpa kita harus membongkar semua komponen terkait.

Purging tidak sulit dilakukan bahan yang dibutuhkan hanyalah menyiapkan sebotol cairan purging, cairan ini sekarang lebih mudah didapat karena banyak berbagai macam merk yang mengeluarkanya seperti whelz, wurth, wynn,s dan masih banyak lagi.

Selanjutnya siapkan selang untuk in dan beberapa peralatan seperti tang dan obeng jika diperlukan untuk membuka clamp, dengan hanya meluangkan waktu kurang lebin 30 menit sobat Info-Otomotif sudah dapat melakukan diesel purging sendiri dirumah.

baca juga : perbedaan mobil bensin dan mobil diesel

LANGKAH MELAKUKAN DIESEL PURGING

Simaklah langkah langkah dibawah untuk melakukan diesel purging sendiri dirumah :

  1. langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan sekaleng cairan purging ukuran minimal 500ml, dan tang capit, namun jika mobil sudah lama tidak melakukan purging anda dapat menyiapkan cairan dengan ukuran 1liter.
  2. langkah selanjutnya adalah menggeser klem slang in dan return bahan bakar ke bagian tengah slang terlebih dahulu dengan tang jepit. Slang in mengarah ke rumah filter solar, sedangkan return mengarah ke tangki bahan bakar. Kemudian masukan kedua slang tersebut ke dalam botol diesel purge. Pastikan slang masuk hingga ke dasar botol cairan purging.
  3. lalu hidupkan mesin mobil sobat Info-Otomotif, boleh juga dibantu dengan menaikan putaran mesin hingga 2.000 RPM, namun boleh juga idling. Tidak perlu purging sampai habis, sebaiknya sisakan seperempat kaleng. Jika purging sampai habis ditakutkan akan ada udara yang masuk sehingga akan menyulitkan proses bleeding (pengeluaran gelembung udara yang terperangkap di dalam saluran). Sisa cairan diesel purge bisa dituang ke dalam tangki bahan bakar setelah melakukan proses purging.
  4. Lakukan proses bleeding (pengeluaran gelembung udara yang terperangkap di dalam saluran). Coba starter, jika mobil sudah mudah menyala, berarti udara sudah tidak ada yang terperangkap di dalam saluran maupun fulter bahan bakar.
  5. namun, untuk beberapa mobil yang filter solarnya sulit dijangkau dapat melakukan purging dengan cara lain, yaitu bisa juga langsung dituang ke dalam tangki bahan bakar. Proses ini tidak perlu bleeding rumah filter solar. Cara simple ini cocok buat kendaraan yang lokasi saringan solar sulit dijangkau seperti Chevrolet Captiva dan tipe mobil lainya dengan filter solar sulit dijangkau.

MANFAAT PURGING PADA MESIN DIESEL

Dengan melakukan purging pada mobil diesel, tentu dapat meminimalkan resiko injektor tersumbat atau rusak dikarenakan jalur bahan bakar sudah kotor, jika terjadi kerusakan pada injektor akan memerlukan biaya banyak, satu injektor common rail dapat mencapai harga 3juta rupiah, untuk itu lebih baik mencegah kerusakan yang terjadi, dibawah ini adalah beberapa manfaat purging

  1. Sistem pembakaran tetap sempurna karena saluran selalu bersih dan tidak ada sumbatan.
  2. Awetnya injektor bahan bakar, karena minim sumbatan.
  3. Performa dan tenaga mobil tetap optimal dengan selalu bersihnya saluran bahan bakar
  4. Konsumsi BBM jadi tetap optimal
  5. Mobil jadi lebih nyaman ketika dikendarai, karena tidak menimbulkan hambatan yang menyebabkan mobil brebet.

Purging cukup penting ya, karena sangat berpengaruh pada sistem aliran bahan bakar, untuk itu lakukan purging secara rutin pada jarak tempuh yang sudah direkomendasikan. Untuk menjaga kondisi mobil agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

 

featured image by bengkeltomo

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »