6 Fungsi relay pada mobil

 6 Fungsi relay pada mobil

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian kelistrikan pada mobil, yang akan kita bahas kali ini adalah relay. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang relay simak penjelasan dibawah ini

FUNGSI RELAY MOBIL

Relay adalah salah satu komponen elektronik pada mobil yang terdiri dari kumparan dan poin. relay berfungsi menyalurkan listrik dengan arus besar yang dikendalikan oleh arus listrik kecil, relay terdapat dua macam yaitu tipe elektromagnetik dan resistor. Relay yang paring sering digunakan adalah tipe elektromagnetik. Banyak sekali keuntungan dari penggunaan riley pada mobil, oleh karena itu simak penjelasan dibawah ini

1. Sebagai Saklar atau Switch Elektromagnetik

Relay bekerja dengan menghasilkan gaya magnet saat sedang dialiri oleh arus listrik yang melalui terminal 85 dan 86. Sedangkan terminal 30 dan 87 terhubung ketika gaya magnet menarik pada bagian kontak point. Pemasangan relay pada mobil dapat difungsikan sebagai saklar atau elektromagnetik switch yang kerjanya dikendalikan oleh magnet listrik.

2. Memperpanjang Usia Saklar

Mobil membutuhkan arus listrik yang besar oleh karena itu relay dibutuhkan oleh mobil untuk menyakurkan arus listrik besar, setelah riley dipasang maka arus listrik tersebut tidak akan melewati saklar terus menerus. Saklar hanya berfungsi untuk membangkitkan induksi magnet yang ada pada relay, sedangkan arus listrik yang keluar akan dialirkan dari baterai menuju ke beban yaitu lampu, kompresor AC, klakson, dan lainnya. Oleh karena itu relay dapat mengurangi percikan api yang sering terjadi pada saklar atau switch, dan membuat saklar lebih awet.

3. Membuat Nyala Lampu Lebih Terang

Dalam hal ini relay berfungsi memperkuat arus listrik yang menuju ke lampu, sehingga listrik yang mengalir kelampu akan lebih kuat dan stabil dan menyebabkan lampu lebih terang.

baca juga : mengenal oli dan jenis oli pada mobil

4. Mengurangi Hambatan Arus/Menaikkan Arus

Dengan adanya relay pada mobil akan membuat listrik dari aki akan diterima langsung oleh beban seperti lampu, klakson, dan lainnya tanpa harus melewati saklar. Sehingga relay juga berfungsi memperpendek rangkaian listrik sehingga membuat listrik yang keluar lebih efektif dan efisien.

5. Melindungi Saklar Kombinasi

Dengan adanya riley saklar akan terlindungi dari panasnya arus listrik yang terus menerus melewati rangkaian, hal ini menyebabkan saklar tidak meleleh karena terkena panas berlebih.

6. Membuat Kunci Pengaman

Fungsi relay pada mobil lainnya adalah dapat digunakan untuk membuat kunci pengamanan. Pemasangan relay tersebut menggunakan prinsip kerja yaitu memutus serta menghubungkan saklar dengan arus listrik yang berukuran lebih kecil

relay adalah komponen kelistrikan pada mobil. Jika relay rusak tentu saja akan mengganggu kinerja kelistrikan pada 1mobil, oleh karena itu untuk menjaga mobil agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

081379267968

Dan konsultasi pengiriman pada no

085357247818

Featured image by alibaba

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »