6 Tips Menanjak Menggunakan Mobil Matic

 6 Tips Menanjak Menggunakan Mobil Matic

6 Tips Menanjak Menggunakan Mobil Matic

Halo sobat Info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang 6 tips apa yang sobat Info-Otomotif lakukan saat menanjak menggunakan mobil matic agar tidak mundur di tanjakan. untuk mengetahui apa yang harus dilakukan simak penjelasan dibawah berikut

6 TIPS MENANJAK MENGGUNAKAN MOBIL MATIC

PERHATIKAN TINGKAT KECURAMAN TANJAKAN

Pada saat mengendarai mobil kita harus mengetahui securam apakah kondisi jalan menanjak yang akan dilalui, hal ini diperlukan agar kamu dapat memilih tuas transmisi dengan tepat. umumnya, tuas pada mobil matik terdapat barisan kombinasi huruf dan angka, yakni P-R-N-D-2-L.

Perlu diketahui, tuas transmisi ada untuk posisi netral, P untuk posisi sedang parkir, R artinya reverse atau mobil melaju mundur, serta D untuk kondisi mobil melaju ke depan. Lalu, ditambah lambang D2 dan D1 atau L di bawah posisi D. gunakan tuas transmisi sesuai kebutuhan medan jalan yang akan dilalui oleh mobil.

BACA JUGA : MOBIL MOGOK DI JALAN TOL JANGAN PANIK !

PAKAI GIGI RENDAH SAAT MENANJAK

Tips menanjak lainya adalah pada pilihan transmisi. Pilihan transmisi pada mobil matic tidak hanya D, terdapat pilihan untuk parker apalagi untuk jalan menanjak. Mobil matik pasti memiliki beberapa tingkatan atau gigi sesuai kebutuhan. Untuk jalan menanjak yang cukup terjal, biasanya dibutuhkan transmisi otomatis dengan percepatan terendah, yaitu 1/L (low). Cukup pindahkan tuas dari mode D (drive) ke L ini ketika menghadapi tanjakan curam atau ketika terjebak macet dan berjalan pelan di tanjakan.

Dengan posisi tersebut, percepatan dapat diatur untuk memaksimalkan torsi yang besar untuk melibas tanjakan. Dengan gigi berada di posisi tersebut, pastinya daya puntir lebih maksimal dan tidak ada masalah saat melewati tanjakan dengan kemiringan yang ekstrem sekalipun.

Sedangkan jalan menanjak yang masih landai, biasanya ada pilihan gigi terendah 2/S (second). Posisi gigi tersebut menghasilkan kombinasi antara torsi dan tenaga untuk melewati tanjakan yang landai. Pemilihan gigi yang tepat akan mempermudah mobil melewati berbagai medan.

MANFAATKAN PADDLE SHIFT

Pada beberapa mobil bertransmisi otomatis terdapat opsi paddle shift. Adanya fitur ini menghadirkan perpindahan percepatan seperti pada transmisi manual tanpa menginjak pedal kopling. Ketika bertemu jalan menanjak kami bisa melakukan perpindahan gigi ke gigi paling rendah dengan menekan tuas paddle shift agar mobil tidak kehilangan momentum saat menanjak.

Transmisi otomatis dengan paddle shift memudahkan pengendara untuk mendapatkan tenaga lebih maksimal dengan melakukan perpindahan percepatan seperti melewati perbukitan dengan kontur jalan menanjak dan menurun.

BACA JUGA : 3 CARA MEMBERSIHKAN JOK MOBIL

PAKAI FITUR OVER DRIVE (O/D)

Fitur ini memang sudah ada di transmisi otomatis sejak lama dan digunakan pengendara untuk membantu mendapat traksi saat harus melewati tanjakan atau mendahului kendaraan lain dengan cepat. Cukup tekan tombol o/d ini ketika menghadapi tanjakan sehingga mobil akan memindahkan ke gigi yang lebih rendah guna mendapat torsi lebih besar.

Namun harus diingat, fitur ini bisa digunakan saat mobil menanjak dengan kecepatan stabil atau bisa dimanfaatkan ketika harus menyalip kendaraan lain di jalur menanjak. Tapi ketika mobil menanjak dari keadaan berhenti tetap harus menggunakan gigi paling rendah saat mulai menanjak.

PENGAMBILAN ANCANG ANCANG YANG TEPAT

Tidak dapat dibantah bahwa pengalaman berkendara juga mempengaruhi dalam kelancaran berkendara yang baik, contohnya pada kasus video mobil mitsubishi expander yang gagal menanjak di sitinjau lauik yang tidak dapat menanjak karena mengambil alur jalan yang curam, pengemudi dengan pengalaman yang cukup pasti mengetahui ancang ancang apa yang harus dilakukan, dan jalur mana yang sebaiknya diambil agar tidak terlalu curam saat menanjak.

TERUS BERLATIH

hal paling penting dari tips menanjak menggunakan pada mobil matic adalah berlatih. Lakukan latihan berkala pada jalan menanjak yang tidak terlalu curam agar terbiasa menggunakan mobil matic pada tanjakan, namun hal ini harus didampingi oleh yang sudah ali, jangan sekali kali mencoba tanpa diawasi oleh orang yang sudah ahli.

Mengendarai mobil matic saat menanjak tidak sesulit yang diperkirakan, namun perlu mengetahui tips dan trik diatas guna mengurangi resiko agar mobil mundur saat menanjak atau tidak kuat menanjak. Untuk menjaga kondisi mobil agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by boombastis

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »