Rem dengan Anti-lock Braking System, apakah penting ?

 Rem dengan Anti-lock Braking System, apakah penting ?

Anti-lock Braking System

Halo sobat Info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang fitur keselamatan yang ada pada mobil, yaitu fitur Anti-lock Braking System. hal ini cukup penting apabila sobat Info-Otomotif ingin membeli sebuah kendaraan maka keselamatanlah yang harus diutamakan. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau sepenting apa rem abs, simak penjelasan dibawah ini

APA ITU REM DENGAN ABS?

ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System. ABS dapat dikatakan sebagai sistem keselamatan yang berfungsi untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Sistem pengereman seperti ini dulu diterapkan pada pesawat terbang. Namun, kini juga sudah diadopsi pada kendaraan yang lebih kecil seperti motor ataupun mobil.

Pada kendaraan yang tidak menggunakan ABS, terdapat kemungkinan roda akan terkunci saat melakukan pengereman secara mendadak, hal ini sangat berbahaya karena pengemudi akan kehilangan kontrol pada kemudinya.

Berbeda pada mobil yang menggunakan fitur ABS, kendaraan akan tetap stabil walaupun melakukan pengereman mendadak. Hal inilah yang menyebabkan ABS lebih aman daripada non ABS.

CARA KERJA ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM

Cara kerja rem ABS dimulai ketika pengemudi menginjak rem, maka hydraulic unit akan membaca seluruh data kendaraan dan kemudian memerintahkan pompa untuk mendistribusikan tekanan minyak rem sesuai kondisi kendaraan di tiap bannya.

Efek pengaturan tekanan minyak rem secara komputer berdasarkan kondisi aktual kendaraan ini membantu untuk menurunkan kecepatan kendaraan dengan cepat tanpa membuat ban terkunci sehingga kendaraan tetap mudah dikendalikan.

Dengan begitu, sobat Info-Otomotif bisa mendapatkan kendali mobil kembali setelah melakukan pengereman. Risiko terjadi kecelakaan pun relatif jauh lebih kecil daripada rem mobil konvensional.

abs and without abs
with and without Anti-lock Braking System

BACA JUGA : 8 FITUR KESELAMATAN PADA MOBIL

KOMPONEN REM ABS

​​​​​​Sistem pengereman ABS tersusun dari beberapa komponen, yang lebih kompleks dari pengereman konvensional. Berikut adalah beberapa komponen yang umum ditemukan pada rem ABS:

1. SENSOR KECEPATAN

Komponen pertama adalah sensor kecepatan. Fungsi sensor kecepatan pada rem ABS adalah untuk mendeteksi seberapa cepat laju kendaraan Anda. Dengan mengetahui kecepatan kendaraan, maka sistem dapat mengatur distribusi tekanan pada piston rem dengan tepat. Sensor kecepatan terletak pada knuckle atau drive shaft housing di ke-4 roda.

2. KATUP REM

Katup pengereman terdapat pada jalur minyak rem. Katup ini dikendalikan dan digunakan juga oleh controller ABS. Perbedaan sistem ABS dengan sistem pengereman lainnya adalah dengan adanya tiga katup rem.

Katup rem yang pertama berfungsi untuk bisa memaksimalkan tekanan minyak rem. Kemudian untuk katup rem yang kedua berfungsi untuk menghalangi tekanan minyak rem. Lalu untuk katup yang terakhir berfungsi untuk menjaga agar tekanan yang diteruskan ke bagian rem hanya setengahnya saja.

3. CONTROLLER

Controller ABS merupakan sebuah otak yang menunjang keseluruhan dari sistem ABS itu sendiri. Controller ABS memiliki fungsi utama untuk mengendalikan seluruh komponen yang terdapat pada sistem ABS. Mulai dari mengendalikan katup untuk pengereman hingga membaca sinyal yang dihasilkan dari sensor kecepatan.

4. POMPA REM

Salah satu komponen yang terdapat pada bagian rem adalah pompa rem. Pompa rem ini memiliki fungsi untuk bisa mengembalikan tekanan pada jalur pengereman dan diantarkan ke katup pengereman. Selain itu, pompa rem juga berguna untuk menjaga tekanan rem agar kembali normal setelah pedal rem diinjak.

KEUNGGULAN REM

ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM

1. Kondisi mobil akan jauh lebih stabil saat terjadi pengereman mendadak.

2. Proses pengereman akan lebih cepat jika dibandingkan dengan sistem rem konvensional.

3. Sistem rem ABS cocok digunakan untuk jalanan dengan medan yang licin, basah, ataupun berpasir.

KELEMAHAN ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM

1. Kinerja rem ABS akan kurang maksimal jika sensor yang ada pada sistem ABS terkena air atau basah.

2. Adanya risiko tabrakan jika terjadi pengereman jarak dekat.

3. Sistem rem ABS tidak cocok digunakan untuk jalanan dengan medan yang tidak rata.

Keselamatan dan keamanan juga fitur yang wajib dipertimbangkan sebelum membeli mobil, Karena dengan fitur keselamatan yang mumpuni, kecelakaan bisa dihindari, dan efek dari kecelakaan bisa lebih berkurang daripada tidak menggunakan fitur keselamatan, salah satunya adalah fitur rem ABS pada mobil, yang berfungsi untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak.

 

 

featured image by confused

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

1 Comment

Comments are closed.

Translate »