Apa itu busi mobil ?

 Apa itu busi mobil ?

Apa itu busi mobil ?

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian komponen mesin yang cukup kecil, komponen ini berfungsi memercikan api pada ruang pembakaran, yang akan kita bahas kali ini adalah busi (spark plug). Jika sobat Info-Otomotif ingin lebih mengetahui tentang busi simak penjelasan dibawah ini

PENGERTIAN BUSI

Busi adalah komponen yang dipasang pada ruang bakar yang diujungnya terdapat elektroda, busi berfungsi sebagai komponen yang memercikan api pada ruang bakar mesin. Busi memiliki ukuran yang sangat kecil, walaupun kecil busi memiliki susunan yang cukup kompleks.

BAGIAN-BAGIAN BUSI

  1. Terminal, Terminal berada diujung atas busi dan berfungsi sebagai penghubung antara busi dengan tutup busi/cop busi.
  2. Insulator Keramik, insulator keramik pada busi terbuat dari keramik, insulator keramik berfungsi menopang mekanik inti elektroda dan mencegah kebocoran arus pada busi.
  3. Insulator tip. Insolator tip merupakan insulator yang terletak di ujung bawah busi yang berfungsi mencegah kebocoran arus di bagian bawah, karena berada di dalam pengapian insulator tip terbuat dari bahan yang tahan panas.
  4. Gasket, gasket berupa kepingan logam yang berfungsi sebagai penutup celah pada busi agar tidak terjadi kebocoran pada ruang bakar, gasket juga berfungsi sebagai pengunci busi saat dipasang.
  5. Metal Case, metal case adalah bagian metal pada busi yang memiliki fungsi menghubungkan busi dengan ruang pembakaran karena memiliki ulir, tempat dimana hex atau untuk mengencangkan busi dengan kunci busi dan sebagai bagian penahan panas pada busi.
  6. Elektroda, elektroda terdapat pada bagian bawah tengah busi yang berfungsi menghantarkan arus listrik.
  7. Elektroda masa, berfungsi sebagai masa untuk menimbulkan percikan api dari elektroda.

JENIS BUSI

Busi memiliki beberapa jenis, sesuai jenisnya busi memiliki keunggulan dan kelebihanya masing-masing, untuk itu simak penjelasan dibawah ini :

1. BUSI MOBIL STANDAR

Busi standar adalah busi yang dikeluarkan pabrikan yang diperuntukan untuk keperluan normal, seperti pemakaian sehari-hari. Busi standar sangat optimal untuk putaran mesin rendah dan sedang.

2. BUSI MOBIL PLATINUM

Busi ini dapat dikatakan busi semi racing karena tenaga yang dikeluarkan lebih besar dari busi standar, namun tidak jauh berbeda dari busi standar, busi platinum memiliki ujung elektroda yang lancip sehingga percikan api yang dikeluarkan lebih bagus, namun bagian elektroda yang lancip lebih cepat habis.

3. BUSI MOBIL IRIDIUM

Busi iridium adalah busi racing kenggulan dari busi iridium adalah menghasilkan tenaga yang agresif, busi ini tidak cocok untuk digunakan harian namun dalam beberapa kasus busi iridium menjadi lebih awet jika digunakan sebagai busi harian karena bahanya yang kuat dan tahan karat.

CARA KERJA BUSI

Cara kerja busi adalah ketika busi menerima tegangan yang cukup tinggi dari coil. Tegangan yang diterima busi memiliki perbedaan pada bagian tengah dan samping busi, saat terjadi perbedaan tegangan aka gas akan ikut ber ionisasi sehingga yang pada awalnya bersifat sebagai isolator kini akan berubah menjadi konduktor. Sehingga arus elektron nanti akan mengalir dan juga meningkatkan suhu ada celah percikan busi, suhu inilah yang nantinya mampu mencapai lebih dari 6000C

Tinggi dari suhu yang dihasilkan  pada busi membuat gas yang tadinya telah terionisasi akan memuai lebih cepat serta memunculkan ledakan kecil pada antara masing-masing elektroda busi. Percikan api busi inilah yang memiliki prinsip sama seperti pada petir atau halilintar.

BACA JUGA : FUNGSI KEPALA SILINDER MOBIL

TANDA BUSI BERMASALAH

Busi pada mobil memiliki umur pakai, jadi ketika busi sudah waktunya diganti maka akan menimbulkan masalah sebagai berikut :

1. SAAT MOBIL IDLE

  • Putaran mesin terasa kasar.
  • Terasa getaran yang tidak biasa di dalam kabin.
  • Gas terasa lebih berat.

2. SAAT MOBIL JALAN

  • Akselerasi mobil berkurang.
  • Mobil terasa tersendat.
  • Konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

3. SAAT MOBIL MATI

  • Terjadi perubahan warna pada busi.
  • Elektroda yang sudah habis.
  • Elektroda tertutup kotoran.

TIPS MEMILIH BUSI

Hal ini cukup mudah, busi biasanya telah dikeluarkan pabrikan sesuai dengan spesifikasi mobil, jadi anda hanya perlu berkata kepada took onderdil kepercayaan anda untuk membeli busi yang sesuai dengan tipe mobil anda dan jenis busi apa yang anda inginkan.

RANGE HARGA BUSI

  • Busi normal berkisar antara Rp. 15000 – Rp. 25000
  • Busi platinum berkisar antara Rp. 30000 – Rp. 50000
  • Busi iridium berkisar antara Rp. 60000 – Rp. 120000

Busi adalah bagian yang penting, karena bekerja beriringan satu sama lain, ganti busi mesin anda secara berkala agar perjalanan anda nyaman. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

 

 

Featured image by FASTNLOW

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »