AWD VS 4WD, APA PERBEDAANYA ?

 AWD VS 4WD, APA PERBEDAANYA ?

AWD VS 4WD, APA PERBEDAANYA ?

Halo sobat Info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang apa yang membedakan sistem penggerak mobil AWD (All Whel Drive) dengan 4WD (4 Whel Drive), banyak yang mengira bahwa penggerak AWD dan 4WD sama, namun ternyata memiliki perbedaan. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang perbedaan antara sitem penggerak AWD dan 4WD simak penjelasan dibawah ini

SISTEM PENGGERAK PADA MOBIL AWD DAN 4WD

Yang pertama adalah differential adalah perangkat yang memungkinkan dua roda penggerak berputar tidak dalam kecepatan yang sama. Perangkat berisi kumpulan gir ini, umumnya ada di tengah gardan, penting dimiliki mobil agar roda penggerak, yang mendapatkan tenaga dari mesin, bisa mengikuti momentum saat membelok.

Yang kedua adalah transfer case merupakan perangkat khusus pada sistem gerak semua roda yang membuat menyalurkan tenaga dari mesin ke roda depan dan belakang sesuai kebutuhan. Terkadang transfer case punya gir khusus yang bikin mobil jadi punya fitur low range atau lainnya.

SISTEM GERAK AWD

Pada mobil yang mengadopsi AWD, sistem gerak empat roda selalu aktif dan selalu bekerja. Di mobil ini tidak ada tombol-tombol atau tuas khusus buat mengatur sistem gerak karena semuanya bisa dilakukan otomatis.

BACA JUGA : SISTEM PEMINDAH TENAGA PADA MOBIL RWD

Sistem AWD terkadang bisa membingungkan karena banyaknya variasi nama dari produsen. Misalnya, 4Matic AWD (Mercedes-Benz), xDrive AWD (BMW), Symmetrical AWD (Subaru), Real Time AWD (Honda), ALL4 AWD (Mini), dan 4Motion AWD (Volkswagen).

Penaamaan itu dipahami bagian dari strategi pemasaran masing-masing produsen, sementara intinya tetap punya cara kerja yang sama, yaitu memberikan tenaga ke semua roda untuk meningkatkan traksi ban, AWD tidak bisa disebut 2WD roda depan atau 2WD roda belakang, sebab cara kerjanya otomatis.

AWD memilikim kelebihan dalam hal kecepatan, berjalan di permukaan yang licin, permukaan yang kasar, dan saat kondisi hujan, AWD dapat melaju dengan stabil karena traksi terbagi ke empat ban, AWD memiliki kelemahanya dalam hal konsumsi bahan bakar yang cukup boros bahan bakar.

SISTEM GERAK 4WD-4X4

Sama seperti AWD, 4WD-4X4 juga didesain untuk menyalurkan tenaga ke semua roda. Meski begitu dasar perbedaannya yakni pengemudi bisa menentukan kapan sistem gerak semua roda dibutuhkan.

Biasanya, aktivasi itu dilakukan melalui menekan tombol, memutar knob, atau menggerakkan tuas. Saat 4WD – 4X4 aktif, semua roda mendapatkan tenaga dari mesin, namun bila tidak hanya dua roda yang mendapatkannya, bisa ke kedua roda depan atau belakang.

Seiring kemajuan teknologi, produsen juga sudah banyak menciptakan teknologi baru buat memudahkan penggunaan 4WD-4X4. Di antaranya ada yang menawarkan fitur ‘auto’ yang memungkinkan mobil beralih menjadi gerak semua roda ketika mobil terdeteksi kekurangan traksi.

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

1 Comment

Comments are closed.

Translate »