Fungsi ECM pada mobil

 Fungsi ECM pada mobil

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian kelistrikan pada mobil, yang akan kita bahas kali ini adalah ECM. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang ECM simak penjelasan dibawah ini

FUNGSI ECM PADA MOBIL

Seiring berkembangnya dunia otomotif dan perkembangan teknologi saat ini banyak sekali hal baru yang disematkan ke mobil sehingga memudahkan banyak hal dan memaksimalkan performa mobil, salah satu teknologi yang diterapkan pada mobil keluaran terbaru adalah ECM atau engine control module. Dengan adanya ECM, kerja sistem pembakaran pada mobil dapat dilakukan secara otomatis.

ECM berfungsi mengontrol kinerja mesin pada mobil, tepatnya mesin-mesin yang ada pada sistem pembakaran bahan bakar, ECM merupakan sistem komputer yang terintegrasi dengan komponen-komponen lain pada mobil. ECM dapat juga dikatakan otak sebuah mobil ECM juga menjadi pelindung bagi mesin jika terdapat gangguan pada mesin kendaraan.

Fungsi ECM pada mobil sangat krusial. Tanpa adanya ECM, mobil bahkan tidak akan bisa berjalan. Berikut adalah beberapa fungsi utama ECM:

  1. Menentukan durasi injeksi
    Injeksi bahan bakar kendaraan dapat dilakukan otomatis berkat adanya ECM, sensor yang dimiliki ECM mengirimkan sinyal berupa data akurat tentang tekanan bahan bakar, dari data yang didapat ECM mengatur durasi injeksi bahan bakar menuju ruang bakar agar proses pembakaran bisa berlangsung.
  2. Mengontrol timing pengapian
    ECM juga berfungsi mengatur timing pengapian, oleh karena itu kinerja mesin dimaksimalkan dengan mengatur masuknya bahan bakar, sehingga kerja mesin dapat optimal.
  3. Mengatur mesin saat dalam kondisi dingin
    Pada saat dingin mobil yang belum memakai ECM akan sulit untuk dihidupkan, dengan adanya cold stater mesin akan tetap bekrja dalam kondisi dingin.
  4. Mempertahankan tenaga agar tetap besar
    Detonasi mesin sering terjadi saat rpm kendaraan dalam kondisi rendah, untuk itulah ECM menjaga energi mesin tetap besar.
  5. ​​Mengatur kecepatan laju kendaraan
    Pada mobil dengan transmisi otomatis, fungsi ECM juga sebagai alat pengatur kecepatan laju kendaraan. Berbeda dari mobil transmisi manual, mobil otomatis tidak memiliki kopling yang berfungsi sebagai pengatur kecepatan.

ECM adalah komponen kelistrikan pada mobil. Jika ECM rusak tentu saja akan mengganggu kinerja kelistrikan dan suplay bahan bakar pada mobil, oleh karena itu untuk menjaga mobil agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

081379267968

Dan konsultasi pengiriman pada no

085357247818

Featured image by my mechanic

Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »