Fungsi Ball Joint Pada Mobil

 Fungsi Ball Joint Pada Mobil

balljoint

INFO-OTOMOTIF.COM – Ball joint adalah komponen pada kaki kaki mobil yang menghubungkan arm dengan knuckle pada roda, dan juga sebagai sumbu roda ketika ingin berbelok ke kiri ataupun kanan. Oleh karena itu ketika berbelok beban tersebut akan diatasi dan Anda pun akan terasa ringan saat menyetir.

Sistem kerjanya seperti sendi putar pada lengan sehingga mampu berputar secara bebas dan menyesuaikan pergerakan roda saat berjalan dan berbelok. Pemasangannya memanfaatkan baut dan dalam satu roda biasanya terdapat dua buah ball joint. Bentuknya sendiri mirip dengan tie rod dan bisa mengalami aus jika digunakan terus menerus.

BACA JUGA: FUNGSI IDLER ARM PADA MOBIL

Komponen penyusun sendi bola terdiri dari :

1. Stud

Stud merupakan sendi yang berbentuk bola dengan tiang drat pada satu sisinya, oleh karena itu komponen ini disebut bola joint ataupun sendi bola. Stud sendiri adalah bagian yang langsung dihubungkan dengan knuckle dengan baut dan drat yang ada pada batang stud.

2. Boot

Boot pada ball joint adalah sebuah karet yang menutup sambungan dari stud dan housing, yang berfungsi menutupnya dari debu dan keluarnya gemuk pada housing. boot di clamp pada batang stud dan housing agar tidak berubah posisi.

3. Housing

Housing adalah rumahan yang berfungsi menahan stud di dalamnya. Jika stud dan housing digabungkan maka akan menyerupai sendi yang dapat berputar.

4. Clamp

Clamp merupakan kawat pengikat yang berfungsi menekan boot pada stud dan housing ball joint.

Perawatan berkala yang perlu dilakukan adalah pemberian gemuk pada stud dan housing, namun apabila boot sudah rusak dan debu masuk kedalam housing sebaiknya gantilah ball joint dengan yang baru.

 

 

 

featured image by somic

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

1 Comment

Comments are closed.

Translate »