Fungsi Bellcrank Pada Mobil

 Fungsi Bellcrank Pada Mobil

Fungsi Bellcrank Pada Mobil

INFO-OTOMOTIF.COM –  Bellcrank adalah sejenis engkol , fungsi bellcrank adalah mengubah gerakan melalui sudut. Sudutnya dapat berupa sudut apa saja dari 0 derajat hingga 360 derajat, tetapi 90 derajat dan 180 derajat adalah yang paling umum. Nama ini berasal dari penggunaan pertama, mengubah tarikan vertikal pada tali menjadi tarikan horizontal pada pemogokan lonceng, digunakan untuk memanggil staf di rumah-rumah besar atau perusahaan komersial.

Dalam otomotif bellcrank diaplikasikan sebagai penghubung pedal gas ke karburator, dan menghubungkan pedal rem ke silinder rem master. Dalam suspensi kendaraan, bellcrank digunakan dalam suspensi gaya pushrod di mobil atau suspensi Christie di tangki. Suspensi yang dipasang secara vertikal mungkin tidak layak untuk beberapa desain kendaraan karena ruang, aerodinamis, atau kendala desain lainnya.

BACA JUGA: FUNGSI IDLER ARM PADA MOBIL

fungsi bellcrank mengubah gerakan vertikal roda menjadi gerakan horizontal, memungkinkan suspensi dipasang melintang atau membujur di dalam kendaraan. Bellcrank juga berfungsi sebagai penyetabil dan penyangga pada roda depan agar tetap stabil. jadi apabila bellcrank rusak, posisi roda tidak akan lurus, dan bahkan menyebabkan bagian roda mobil akan habis pada bagian dalam saja ataupun luar saja.

Untuk itu gantilah bellcrank apabila telah rusak, belcrank yang direkomendasikan adalah kuali standar jepang dengan standar yang cukup baik. Salah satunya adalah 555 dan FUJI.

 

 

 

 

fetured image by bukalapak

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

1 Comment

Comments are closed.

Translate »