fungsi boring atau puring pada mobil dan 2 ciri kerusakanya

 fungsi boring atau puring pada mobil dan 2 ciri kerusakanya

fungsi boring atau puring pada mobil dan 2 ciri kerusakanya

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian komponen mesin yang berfungsi menggantikan atau memperbarui dinding blok mesin pada mobil, yang akan kita bahas kali ini adalah puring (cylinder liner). Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang puring pada mobil simak penjelasan dibawah ini

Mengenal fungsi boring atau puring pada mobil

Pada kendaraan berat dan kendaraan angkutan barang yang kinerja mesinya sangat berat sehingga sering terjadi kerusakan pada mobil angkutan barang, terutama pada bagian liner kit yaitu bagian utama mesin mobil yang terdiri dari piston, ring piston, pen piston dan puring.

Puring adalah logam berbentuk silinder dengan bahan yang kuat dan tahan dengan panas tinggi, puring berfungsi menggantikan dinding logam pada blok silinder mesin yang sudah tergerus akibat kurangnya perawatan pada mesin mobil ataupun masa pakai yang sudah cukup lama.

Pada kerusakan umum seperti penggantian  piston biasanya dikenakan oversize atau penggantian ukuran, ukuran yang terdapat pada piston biasanya mulai dari STD, 025, 050, 100. Pada saat ukuran diganti dinding mesin akan di lemer atau dihaluskan kembali sesuai dengan ukuran yang akan diganti. PEnggantian puring akan dilakukan jika terjadi limit pada oversize.

baca juga : fungsi termostat mobil dan ciri kerusakanya

Puring biasanya digunakan pada mobil besar, namun tidak menutup kemungkinan mobil kecilpun dapat ditanamkan puring, contoh mobil dengan puring yang tidak di ganti ukuranya namun diganti seutuhnya, NHR55, NKR55, NKR71 dan NMR71. Namun pada mobil seperti L300, PS100, PS120, CANTER. Penggantin puring akan mengikuti oversize yang ada.

Ciri mesin minta lemer atau ganti puring

1. Keluarnya Asap Putih Pada Knalpot

Salah satu ciri yang paling terlihat ketika mobil harus mengalami mengganti puring adalah keluarnya asap knalpot yang berwarna putih pekat, hal ini disebabkan oleh oli yang merembes masuk ke ruang pembakaran sehingga oli akan terbakar dan menghasilkan asap putih.

2. Oli Mesin Yang Selalu Berkurang

Tidak hanya keluarnya asap, tanda mesin harus di lemer atau ganti puring adalah selalu berkurangnya oli mesin, karena oli akan selalu terbakar saat masuk keruang bakar, semakin banyak celah yang terjadi maka akan semaikn banyak asap yang keluar.

3. Suara Mesin Yang Kasar

Suara mesin yang kasar juga menjadi indikasi rusaknya puring pada mesin mobil.

Puring yang rusak harus segera diganti, agar tidak merambat pada bagian mesin yang lainya. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by tokopedia

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »