Fungsi charcoal canister mobil dan cara kerjanya

 Fungsi charcoal canister mobil dan cara kerjanya

Fungsi charcoal canister mobil dan cara kerjanya

mungkin dalam istilah komponen mesin mobil charcoal canister adalah komponen yang jarang didengar oleh sobat Info-Otomotif. komponen tersebut berkaitan dengan bahan bakar yang memiliki fungsi sebagai penampung uap bensin, jika sobat penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang charcoal canister dan kegunaanya, simak penjelasan dibawah ini.

FUNGSI CHARCOAL CANISTER MOBIL DAN CARA KERJANYA

Fungsi charcoal canister pada mobil berkaitan erat dengan bahan bakar. Bahan bakar fosil pada saat ini masih digunakan sebagai bahan utama pembakaran mesin mobil. Proses pembakaran pada mesin ini menghasilkan gas seperti hidrokarbon (HC) yang dapat jadi ancaman lingkungan yang dapat mengganggu pernapasan manusia.

Bahan bakar fosil juga mudah menguap dan mencemari udara di sekitar, uap bensin juga bisa menyebabkan pusing dan rasa sesak jika terhirup, untuk itulah carcoal canister dibutuhkan sebagai solusi menampung uap bensin. Berikut penjelasan lengkap mengenai charcoal canister berikut fungsi dan cara kerjanya.

APA ITU CHARCOAL CANISTER?

Charcoal canister atau kadang disebut vapour canister adalah salah satu komponen mesin mobil yang menyusun sistem pembakaran pada mobil, charccoal canister berbentuk tabung yang menampung material charcoal (arang) yang masih aktif. Komponen ini terhubung langsung dengan tangki bahan bakar, ruang pelampung karburator, serta lubang pengisian karburator.

Charcoal canister mulai digunakan pada mesin mobil sejak 1970. Amerika Serikat bahkan menetapkan regulasi khusus yang mewajibkan masyarakatnya untuk menggunakan mobil dengan charcoal canister sebagai upaya menekan pencemaran lingkungan.

Pada saat itu, kerja charcoal canister masih sangat konvensional, yakni mengandalkan kondisi vakum pada intake manifold (saluran masuk ruang bakar).

Sekarang, charcoal canister bekerja dengan sistem kontrol elektrik yang menjadi satu dengan pengontrol mesin sehingga dapat beroperasi secara otomatis.  Perbedaanya adalah charcoal canister yang berada di dalam mesin injeksi sudah terintegrasi dengan ECU melalui bagian katup EVAP.

FUNGSI  CHARCOAL CANISTER

Charcoal canister berfungsi sebagai tempat penampungan sementara bagi uap bahan bakar (bensin) yang ada di tangki bahan bakar serta ruang pelampung mesin karburator, charcoal canister menyimpan uap bahan bakar selama mesin mobil mati dan uap bahan bakar yang disimpan kemudian disalurkan ke intake manifold (saluran masuk) ruang bakar.

Barulah saat mesin mobil dihidupkan, uap bahan bakar dibakar dalam ruang bakar, pembakaran uap bahan bakar ini bertujuan menekan gas hidrokarbon yang dikeluarkan bensin agar tidak membahayakan kesehatan maupun mencemari lingkungan.

baca juga : review mobil toyota

CARA KERJA CHARCOAL CANISTER

Dari penjelasan tentang fungsi charcoal canister, sudah bisa dibayangkan sedikit bagaimana komponen ini bekerja. Penjelasan lebih jelas mengenai cara kerja charcoal canister dapat dibaca pada poin-poin berikut.

  • Saat mesin dalam kondisi mati

Pada saat kondisi mesin mobil yang baru digunakan suhunya cenderung tinggi, pada saat suhu meningkat bensin pun mengalami penguapan, kemudian uap bensin akan disaring dan masuk ke tabung charcoal canister lewat selang ventilasi, setelah mesin dihidupkan, uap bahan bakar akun disalurkan melalui intake manifold ke ruang bakar, uap akan dibakar bersama dengan udara serta bahan bakar yang akan dibakar pada ruang bakar.

  • Saat mesin dalam kondisi hidup

Saat mesin mobil dihidupkan, sistem pembakaran mobil akan masuk ke kondisi vakum, alam kondisi vakum, uap yang tersimpan pada charcoal canister akan tersedot bersama dengan campuran udara bahan bakar yang tertampung pada intake chamber.

Gas serta campuran udara bahan bakar tersebut kemudian akan melalui canister purge valve (katup canister) dan barulah dibakar di ruang bakar, katup canister sendiri bekerja satu arah saja (menuju ruang bakar), tujuannya mencegah risiko terjadinya kebocoran gas saat mesin dalam kondisi mati.

Charcoal canister adalah komponen yang berperan mengurangi polusi bahan bakar, jika charcoal canister rusak maka akan menyebabkan uap bensin tidak terbakar maksimal. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

featured image by amazon

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »