Fungsi power window mobil dan komponenya

 Fungsi power window mobil dan komponenya

Fungsi power window mobil dan komponenya

Halo sobat Info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai fitur pelengkap guna memudahkan pengendara, yang akan kita bahas kali ini adalah power window. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang power window simak penjelasan dibawah ini

FUNGSI POWER WINDOW MOBIL

Semakin canggihnya teknologi akan membuat dampak pada industry otomotif, salah satunya diaplikasikanya power window. Sebelum diplikasikanya power window, pengguna kendaraan harus membuka dan menutup jendela secara manual menggunakan tangan melalui engsel putar, setelah adanya power window yang berungsi untuk mempermudah pengemudi dalam membuka dan menutup jendela, hanya dengan menekan tombol jendela sudah dapat naik atau turun.

KOMPONEN PEMBENTUK POWER WINDOW

Jika dilihat secara umum terdapat beberapa komponen utama yang terdapat pada power window mobil yaitu Motor power window, Regulator power window, saklar power window dan saklar utama power window. Mengenai penjelasan dari keempat komponen yang telah disebutkan bisa lihat di bawah ini:

1.Saklar Utama Power Window

Pada komponen ini di tempatkan pada bagian pintu pengemudi mobil. Dengan mengandalkan komponen ini maka semua jendela di mobil bisa dioperasikan oleh pengemudi. Untuk saklar utama bisa digunakan untuk mengoperasikan kaca jendela di pintu pengemudi, penumpang depan dan penumpang belakang kanan dan kiri.

Jadi pengemudi bisa mengontrol semua jendela pada mobil, mana yang mau dibuka dan mana yang ditutup. Bahkan pada saklar utama ini telah dibekali dengan saklar pengunci, jika power window dikunci maka penumpang depan atau penumpang belakang tidak dapat mengoperasikan kaca di pintu.

baca juga : metal bulan, metal jalan dan metal duduk

2.Saklar Power Window Lain

Komponen utama pada power window selanjutnya adalah saklar power window yang berada selain di pintu pengemudi. Berbeda dengan nomor 1, saklar in hanya dapat mengoperasikan kaca jendela di mana tempat berada saja. Untuk letak saklar ini adalah di bagian pintu belakang kanan dan kiri serta pintu penumpang depan.

3.Motor Power Window

Motor window mempunyai fungsi untuk menjadikan energi listrik berubah jadi gerakan atau putaran. Putaran yang dihasilkan dihubungkan ke bagian mekanisme regulator sehingga dapat membuat kaca jendela bisa bergerak naik dan turun. Bahkan bisa disebutkan fungsinya adalah untuk memutar roda gigi pinion, untuk motor window yang dipakai umumnya adalah motor listrik yang menggunakan arus DC supaya bisa bergerak berlawanan.

4.Regulator Power Window

Komponen terakhir adalah regulator power window. Pada komponen motor window dapat menghasilkan putaran yang disalurkan melalui regulator sehingga dapat berubah menjadi gerakan naik dan turun. Regulator power window biasanya terdiri dari :

  • Transfer gear : berfungsi mengubah energi putar dar motor menjadi energi naik turun.
  • Glass holder : berfungsi menahan dan menjepit kaca mobil pada glass holder track.
  • Glass holder track : berfungsi sebagai jalur tempat bergeraknya glass holder, biasanya glass holder trak terhubung transfer gear dengan kawat untuk menyalurkan tenaga motor.

Setelah sobat Info-Otomotif mengetahui kegunaan dan komponen pembentuk power window, kini anda dapat mengetahui seberapa berpengaruhnya teknologi dalam dunia otomotif. Jika terdapat kerusakan pada mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by  lemondedeichi

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »