Fungsi Switch Karburator

 Fungsi Switch Karburator

Fungsi Switch Karburator

INFO-OTOMOTIF.COM – Pada karburator terdapat katup solenoid atau solenoid valve atau bisa juga disebut switch karburator. Biasanya katup solenoid terdiri dari satu kabel, kabel ini dihubungkan dengan terminal kunci kontak atau pada + koil. Pada mobil diesel sering terjadi mesin hidup walaupun kunci kontak “OFF”, di mobil bensin pun juga bisa terjadi. Peritiwa ini disebut dengan Dieseling.

Pada mobil bensin, dieseling disebabkan oleh campuran udara dan bahan bakar yang terbakar oleh panas yang berlebihan pada busi atau kerak yang membara yang menempel pada ruang bakar atau katup buang.

BACA JUGA: WULING AIR EV, MOBIL MURAH PILIHAN KELUARGA

Fungsi Solenoid Valve

Untuk mencegah agar tidak terjadinya dieseling dengan adanya selonoid valve. Selonoid valve berfungsi menghentikan suplai bahan bakar sehingga tidak terjadi dieseling (mesin hidup walaupun kontak off).

cara kerja solenoid valve

Apabila mesin dihidupkan atau kunci kontak dalam posisi ON maka katup solenoid akan tertarik/terbuka membuka saluran bahan bakar sehingga bahan bakar dapat mengalir ke ruamg bakar.

Ketika mesin dimatikan (kunci kontak OFF) maka solenoid valve ini akan menutup saluran bahan bakar, sehingga bahan bakar tidak dapat keluar menuju ruang bakar.

Ciri switch karburator rusak adalah mesin tidak dapat Idle, atau tidak dapat menyala dengan  baik, untuk itu apabila selonoid valve rusak maka segera ganti di bengkel kepercayaan anda.

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »