fungsi thermostat mobil dan 2 ciri kerusakanya

 fungsi thermostat mobil dan 2 ciri kerusakanya

fungsi termostat pada mobil dan 2 ciri kerusakanya

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian komponen mesin yang berfungsi mengatur kapan cairan pendingin harus dialirkan, yang akan kita bahas kali ini adalah thermostat. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang thermostat simak penjelasan dibawah ini

FUNGSI THERMOSTAT MOBIL

Thermostat terdiri dari katup logam yang akan otomatis terbuka dan tertutup pada suhu tertentu, biasanya thermostat akan terbuka kurang lebih pada suhu 90oc. Fungsi thermostat adalah mengatur kapan cairan pendingin dari radiator harus dialirkan ke mesin, jika dari awal cairan pendingin dialirkan pada mesin maka akan membuat mesin tidak bekerja maksimal, sehingga suhu mesin akan harus terjaga terlebih dahulu sebelum cairan pendingin dialirkan.

CARA KERJA THERMOSTAT

Thermostat bekerja berkaitan dengan sistem pendingin pada mesin, diawali dari mesin yang dinyalakan, jika suhu mesin sudah mencapai 85oc hingga 90oc maka katup thermostat akan terbuka,  lalu waterpump akan memompa cairan pendingin ke dalam mesin melalui water jacket sehingga aliran cairan pendingin akan mengelilingi mesin mobil.

Pendingin cairan akan menjaga suhu panas mesin mobil dengan cara mengalirkan panas ke radiator. Setelah mobil dimatikan suhu akan mulai menurun, lalu thermostat akan kembali menutup secara otomatis tanpa susah payah anda kendalikan.

PERAWATAN THERMOSTAT YANG TEPAT

Thermostat adalah salah satu komponen yang sangat krusial karena menjaga suhu mesin, untuk itu perlu dirawat dengan baik ataupun menggantinya jika terjadi kerusakan. Perawatan yang dilakukan agar thermostat awet cukup mudah, yang harus sobat Info-Otomotif adalah mengisi radiator dengan cairan pendingin yang baik, agar saluran pendingin tidak berkarat dan menimbulkan kotoran yang menyumbat saluran ataupun katup thermostat.

CIRI-CIRI  THERMOSTAT MENGALAMI KERUSAKAN

Thermostat tidak dapat di perbaiki jika mengalami kerusakan, oleh karena itu sobat Info-Otomotif diharapkan langsung menggantinya dengan komponen baru, hal ini harus segera dilakukan karena kinerja mesin akan menurun jika thermostat rusak.

1. Membutuhkan Waktu Yang Lama Untuk Mencapai Suhu Kerja Mesin

Ciri pertama yang dapat Anda ketahui apabila thermostat mobil mengalami kerusakan yaitu membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai suhu kerja mesin. Aliran cairan pendingin yang sudah mengarah ke radiator dalam keadaan masih dingin membuat suhunya rendah karena thermostat terbuka.

2. Katup Thermostat Terbuka Bukan Pada Suhu Semestinya

Thermostat harusnya terbuka pada suhu 85oc hingga 90oc, jadi jika thermostat terbuka pada suhu dibawah itu berarti thermostat mobil sobat Info-Otomotif dipastikan mengalami kerusakan.

baca juga : 6 jenis bearing pada mobil

DAMPAK TELAT MENGGANTI THERMOSTAT

Tidak sedikit yang menganggap bahwa mencopot thermostat adalah tindakan yang tepat untuk mencegah terjadinya overheat. Jika Anda termasuk orang yang menganggap bahwa dengan mencopot thermostat pada mobil adalah hal yang boleh dilakukan.

Sebagaimana diketahui bahwa thermostat adalah salah satu komponen penting dalam mobil yang keberadaannya sangat berpengaruh. Apabila Anda menghilangkan atau mencopot thermostat justru akan membuat mesin mobil Anda mengalami dampak buruk.

Pada dasarnya, mesin mobil memang masih dapat menyala meskipun thermostat yang ada di dalamnya Anda copot. Meski demikian, mobil tanpa thermostat akan menyebabkan mesinnya mengalami kerusakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Thermostat mobil yang Anda copot akan membuat cairan pendingin mengalir menuju mesin mobil sejak awal dinyalakan. Mesin mobil memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat mencapai suhu maksimal. Akibatnya proses pendinginan pada mobil Anda pun akan berkurang.

Sehingga mobil akan langsung mengalami overheat ketika mesin dinyalakan dalam kecepatan tinggi. Tenaga yang dihasilkan dari mesin mobil Anda akan semakin lemah dan berkurang. Tidak hanya itu, thermostat mobil yang dicopot juga dapat menyebabkan bahan bakarnya menjadi boros, oleh karena itu jangan copot thermostat pada mobil anda dan segera ganti dengan yang baru jika mengalami kerusakan.

Sirkulasi Pendinginan pada Mesin Mobil

Ketika mobil Anda baru dinyalakan, suhu yang dihasilkan dari kerja mesin otomatis masih dalam keadaan yang rendah karena suhu didalamnya masih dingin. Suhu dingin di dalam mesin dapat diperkirakan seperti suhu ruangan ketika besarnya 23 hingga 25 derajat Celcius.

Pompa air yang berada di dalam bagian mobil akan membuat cairan pendingin bersirkulasi dan terus berputar. Cairan pendingin tersebut akan melewati by pass ke pompa air secara terus-menerus hingga suhu yang dihasilkannya telah mencapai suhu kerja.

Apabila telah mencapai suhu kerja mesin, untuk mencegah terjadinya overheat, katup pada thermostat akan membuka secara otomatis. Cairan dengan suhu panas akan dibiarkan mengalir menuju radiator untuk proses pendinginan.

Cairan yang telah didinginkan pada radiator selanjutnya akan dialirkan pada mesin dengan tujuan untuk mendinginkan mesin mobil Anda.

Suhu normal yang dihasilkan akan membuat mesin mobil dan thermostat yang ada di dalamnya menjadi lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by blibli

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »