Fungsi wiper mobil dan masalah pada wiper mobil

 Fungsi wiper mobil dan masalah pada wiper mobil

Fungsi wiper mobil dan masalah pada wiper mobil

Halo sobat info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian eksterior pada mobil, bagian ini adalah bagian yang cukup penting dalam menunjang berkendara saat hujan sobat info-otomotif, yaitu wiper. Jika sobat Info-Otomotif ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagian dashboard mobil simak penjelasan dibawah berikut

FUNGSI WIPER MOBIL DAN KOMPONEN PADA WIPER MOBIL

Wiper merupakan sebuah mekanisme pada kaca mobil yang berfungsi untuk mengusap kaca depan dan kaca belakang mobil guna membersihkanya dari air atau embun, komponen ini sangat penting terutama dalam keadaan hujan ataupun pagi berkabut dan berembun.

Dengan demikian wiper membuat pengendara dapat melihat keadaan jalan dengan jelas, dan membuat berkendara lebih aman dan nyaman, selain itu wiper juga berfungsi menjaga tampilan mobil terutama kaca depan ataupun belakang untuk tetap bersih.

Komponen wiper mobil dan fungsinya masing-masing, yaitu:

1.Wiper Blade

Wiper blade dikatakan pedang wiper karena bentuknya yang mirip dengan pedang, komponen ini berfungsi untuk menebas air yang menempel pada kaca depan mobil supaya pandangan lebih jelas saat terjadi hujan.

Komponen wiper blade terdiri dari karet wiper yang menempel langsung pada kaca yang berguna membersihkan kaca dari air dan embun, pedang wiper terbuat dari karet yang kuat namun halus agar tidak merusak kaca saat wiper menyala. Komponen lainya adalah frame atau rangka berfungsi sebagai tempat melekatnya karet atau rangka wiper. Namun terdapat juga wiper yang tanpa rangka karena bentuk karet wiper telah didesain kusus.

2.Wiper Arm

Wiper arm merupakan komponen penghubung antara wiper blade dengan mekanisme wiper, tak hanya itu wiper arm juga berfungsi memegang dan menekan wiper agar pedang wiper menyentuh secara menyeluruh.

3.Wiper Link Mechanism

Mekanisme yang dibutuhkan wiper adalah pengubah energi putar menjadi energi bolak balik pada wiper. Dalam komponen ini terdapat beberapa bagian yaitu:

  • Connecting rod, bagian ini berfungsi untuk menghubungkan gerakan ke lengan wiper yang berasal dari crank rod.
  • Crank rod, crank rod merupakan bagian dalam wiper yang berfungsi untuk mengubah gerakan putaran menjadi bolak-balik.
  • Wiper short arm, short arm merupakan bagian lengan wiper yang pendek dalam mekanisme wiper. Dimana pada ujung lengan tersebut terdapat baut dan pada ujung satunya terdapat engsel.
  • Pivot arm, bagian dalam mekanisme wiper yaitu pivot arm yang berfungsi sebagai poros lengan wiper. Sehingga komponen lain bisa bergerak secara bolak-balik dan teratur.
  • Wiper link, selanjutnya ada batang yang menghubungkan lengan pendek kanan dan kiri agar wiper bisa bergerak bersama.

4.Wiper Motor

Wiper motor merupakan komponen yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi putar, pada poros wiper terdapat worm gear yang berfungsi untuk mereduksi putaran motor agar lebih lambat.

5.Wiper Electricity Control

Komponen terakhir yang ada dalam wiper adalah electricity control atau bagian kelistrikannya. Dengan adanya rangkaian listrik dapat mengatur wiper dalam beberapa mode dan kecepatan berbeda, sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan pengendara.

TIPS MENGATASI KERUSAKAN PADA WIPER

Maslaah pada wiper dapat muncul seiring digunakanya kendaraan, diantaranya:

1.Karet menjadi aus

Saat karet aus dan mengeras, segera ganti karet wiper tersebut. Karena karet yang ketat bisa membuat permukaan air tidak bersih merata bahkan dapat menyebabkan baret.

2.Gerakan wiper lambat

Penyebab wiper lambat adalah sistem penggerak yang kotor. Oleh karena itu, bersihkan tahanan koil agar bersih kembali. Wiper yang lambat juga bisa disebabkan karena ada karat pada elemen wiper. Jika demikian, bersihkan bagian yang berkarat tersebut dengan cairan anti karat.

3.Wiper mobil macet

Saat wiper tidak bergerak bisa karena motor listrik yang aus. Untuk mengatasinya bisa dengan mengganti motor listrik yang baru. Atau bisa juga disebabkan karena sekring yang rusak dan terputus arus listrik.

4.Dinamo wiper rusak

Jika dinamo pada wiper mengalami kerusakan, bisa membuat kumparan terbakar.  Hal ini disebabkan karena hubungan arus listrik yang mati. Sehingga harus diganti dengan yang baru agar bisa bergerak dengan baik kembali.

5.Semburan air kurang

Masalah lain yang sering terjadi pada wiper adalah semburan air yang kurang atau sedikit. Hal ini disebabkan lubang pada kepala washer tersumbat. Untuk mengatasinya, bisa dengan melepas tabung dan campurkan dengan kerikil lalu kocok terus. Jika kotoran dalam tabung hilang, bersihkan kembali dan tutup dengan baik.

Wiper merupakan bagian yang cukup penting karena membantu penglihatan pengemudi. Untuk menjaga wiper dalam kondisi baik sobat Info-Otomotif dapat melakukan perawatan dengan cara mengganti part yang rusak. Untuk menjaga kondisi mobil agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by nissan

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »