Jenis Minyak Rem Pada Kendaraan

 Jenis Minyak Rem Pada Kendaraan

jenis minyak rem pada kendraan

INFO-OTOMOTIF.COM – Rem pada kendaraan memerlukan cairan yang berguna untuk menyalurkan tekanan dari booster rem menuju disc pad, cairan yang digunakan bukanlah sembarang cairan, namun dibutuhkan cairan rem dengan spesifikasi tertentu, hal ini dikarenakan kebutuhan khusus pada bagian sisitem pengereman.

Minyak rem diharuskan memiliki pelumasan yang baik, agar piston kaliper rem dapat bekerja dengan maksimal. Tak hanya itu minyak rem juga harus tahan panas, hal ini diperlukan karena gesekan yang terjadi antara kampas rem dan cakram akan menimbulkan panas sehingga dapat membuat cairan dengan tingkat didih rendah dapat menguap dengan mudah.

Tak hanya itu minyak rem juga harus mencegah korosi agar sistem pengereman tidak rusak, oleh karena itu pemilihan minyak rem yang tepat dapat memaksimalkan sistem pengereman pada mobil.

Jenis Minyak Rem Pada Kendaraan

DOT 3

Minyak rem berkode DOT 3 memiliki titik didih 205oC dan berbahan dasar glikol eter. Karena titik didihnya yang tinggi, minyak rem DOT 3 ini mampu memberikan performa yang aman dan konsisten saat tekanan pengereman tinggi. Proteksi terhadap korosinya juga baik sehingga aman untuk sistem pengereman.

BACA JUGA: REKOMENDASI MINYAK REM MOBIL

DOT 4

Jenis minyak rem DOT 4 memiliki bahan dasar glikol eter, namun ditambahkan ester borat sebagai aditif. Bahan aditif ester borat ini dapat memperbaiki titik didih dari tipe DOT 4.

Titik didih dari tipe jenis ini mencapai 230oC dan biasanya digunakan oleh mobil-mobil jenis lama. Tipe DOT 4 lebih diperuntukan untuk kendaraan yang sistem remnya bersuhu tinggi. Dari segi harga, tipe ini lebih mahal dibandingkan dengan tipe DOT 3.

DOT 5

Memiliki bahan dasar silicon, minyak rem jenis DOT 5 memiliki keunggulan dari segi ketahanan korosi dan memiliki titik didih yang tinggi. Mengapa DOT 5 tahan terhadap korosi? Itu karena minyak rem tipe ini tidak memiliki sifat menyerap air.

DOT 5 sering digunakan untuk kendaraan militer yang tidak digunakan atau diistirahatkan dalam waktu yang lama dan luput dari pemeliharaan. Namun kendaran tersebut harus tetap prima saat digunakan di waktu yang mendadak sekalipun.

Segala jenis minyak rem yang tertera diatas pada dasarnya baik untuk digunakan, namun harus tepat pada penggunaanya agar tidak merusak sistem pengereman anda.

featured image by AUTO2000

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

1 Comment

Comments are closed.

Translate »