Keuntungan dan kerugian memasang peredam mobil

 Keuntungan dan kerugian memasang peredam mobil

Keuntungan dan kerugian memasang peredam pada mobil

Halo sobat info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang tambahan pada kabin mobil, tambahan ini berfungsi mengurangi kebisingan pada kabin mobil, hal yang dapat anda tambahkan adalah peredam. Jika sobat Info-Otomotif ingin mengetahui lebih lanjut tentang peredam pada mobil simak penjelasan dibawah berikut

Peredam suara adalah salah satu komponen yang berfungsi meredam kebisingan pada mobil,biasanya peredam terbuat dari aspal, gel, busa, aluminium foil hingga rubber butyl, peredam dipasang berlapis-lapis sehingga dapat meredam kebisingan secara signifikan.

Namun dalam pemakaian peredam tidak hanya terdapat beberapa kelebihan pada mobil, namun juga terdapat beberapa kekurangan dalam pemasangan peredam, untuk itu sobat Info-Otomotif perlu mengetahui guna menimbang kelebihan dan kekurangan yang didapat dalam memasang peredam.

KEUNTUNGAN MEMASANG PEREDAM MOBIL

1. SUARA AUDIO MOBIL LEBIH JELAS DAN ENAK DIDENGAR

Keuntungan pertama yang didapat dari memasang peredam adalah meningkatnya kualitas audio mobil, hal ini jelas karena suara audio mobil bisa didengar dengan jelas tanpa gangguan suara bising dari luar mobil, suara bising yang minim meyebabkan audio lebih jernih untuk didengar.

2. MOBIL MENJADI LEBIH NYAMAN

Kelebihan kedua dari memasang peredam adalah mobil menjadi lebih nyaman, hal ini dikarnakan bising dari luar minim sehingga pengendara dapat lebih fokus dalam berkendara. Hal ini juga nyaman bagi yang bepergian bersama keluarga karena keadaan kabin lebih tenang dari suara ban dan mesin mobil.

3. SUARA BAN MOBIL TIDAK TERLALU TERDENGAR

Peredam juga dapat digunakan pada lantai kabin, hal ini diperuntukan untuk meredam suara ban yang bergesekan dengan aspal, sehingga mobil menjadi lebih nyaman digunakan.

BACA JUGA : PENYEBAB BAU PADA AC MOBIL DAN CARA MENGATASINYA

KERUGIAN MEMASANG PEREDAM PADA MOBIL

1. BAHAYA AKIBAT SUARA SEKITAR TIDAK TERLALU TERDENGAR DENGAN JELAS

Kerugian yang didapat dari memasang peredam pada mobil adalah suara dari luar tidak terdengar dengan baik, hal ini merugikan karena jika ada hal darurat pengemudi akan sulit merespon karena tidak medengar suara dari luar.

Misalnya, suara klakson dari mobil yang seharusnya menjadi sinyal komunikasi menjadi tidak terdengar, hal ini meningkatkan resiko dalam berkendara, untuk itu pertimbangkan dengan baik pemasangan peredam pada mobil anda.

2. PADA UMUMNYA ENGSEL PINTU MOBIL LEBIH CEPAT AUS

Memasang peredam dapat meningkatkan bobot pintu mobil, hal ini dikarnakan beberapa bahan peredam memiliki bobot yang cukup berat, sehingga menambah bobot pintu mobil. Akibat pintu yang bertambah berat otomatis engsel akan menahan beban lebih sehingga  menyebabkan aus pada engsel mobil.

Namun hal ini dapat diminimalisir dengan memilih peredam dengan kualitas bahan yang baik dan ringan.

3. BOBOT MOBIL AKAN MENJADI SEMAKIN BERAT

Memasang peredam pada mobil juga dapat meningkatkan bobot mobil, walaupun tidak begitu signifikan meningkatnya bobot mobil dapat berpengaruh dalam beberapa hal. Terutama pada berkurangnya laju mobil, dan juga meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Pemasangan peredam pada mobil memiliki keuntungan dan kerugian, oleh karena itu bijaklah memasang peredam pada mobil sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by SOUNDANDMACHINE

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »