Mengenal 11 komponen karburator dan fungsinya

 Mengenal 11 komponen karburator dan fungsinya

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian komponen mesin yang berfungsi mencampurkan bahan bakar, yang akan kita bahas kali ini adalah karburator. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang karburator simak penjelasan dibawah ini

FUNGSI KARBURATOR

Karburator bagian komponen mobil yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar yang akan digunakan oleh mesin untuk melakukan pembakaran, udara yang tercampur dengan bahan bakar dialirkan dari karburator melalui intake menuju mesin.

baca juga : perbedaan mobil bensin dan mobil diesel

KOMPONEN PEMBENTUK KARBURATOR

Karburator terdiri dari beberapa komonen yang saling mendukung fungsi satu sama lain, untung mengetahui lebih lanjut lihat penjelasan dibawah ini

  1. Float Chamber atau ruang bakar adalah salah satu komponen karburator yang cukup penting peranannya. Fungsinya sangat jelas yaitu sebagai mekanisme pembakaran bahan barak pada mesin mobil.
  2. Floater atau pelampung juga menjadi salah satu komponen dalam kendaraan walaupun tidak besar tapi peranannya tidak kalah penting, fungsi pelampung adalah mengatur banyak sedikitnya bahan bakar agar stabil saat diperlukan.
  3. Choke Valve berfungsi utama dari choke valve adalah menambah campuran dalam sebuah bahan bakar mobil yang masuk ke karburator, agar lebih mudah menghidupkan saat mesin dingin.
  4. Thorttle Valve atau piston valve memiliki fungsi sebagai pengatur banyak atau sedikitnya udara yang akan bercampur dengan bensin/ bahan bakar. Thorttle Valve akan bekerja beriringan dengan jarum skep atau main jet.
  5. Main Jet atau jarum skep memiliki fungsi sebagai pengatur banyak atau sedikitnya bahan bakar yang akan bercampur dengan udara bersih, jarum skep bekerja beriringan dengan piston valve.
  6. Jet Needle berfungsi sebagai wadah main jet, dan juga tempat mengalirnya bahan bakar seiring terbukanya jarum skep.
  7. Slow Jet berfungsi menyuplai bahan bakar dan udara yang bersih saat kondisi kendaraan dalam posisi idle.
  8. Piston Valve Screw dan Pilot Screw bekerja bersamaan, piston valve berfungsi mengatur masuknya udara agar ideal sedangkan pilot screw bertugas menaikan ataupun menurunkan rpm mesin.
  9. Main Nozzle berfungsi mengkabutkan bahan bakar yang akan masuk ke mesin. Main Nozzle biasanya ditemukan pada sebuah karburator yang memiliki tipe venturi.
  10. Venturi adalah sebuah bagian sempit yang posisinya berada di dalam sebuah tabung karburator dan venturi memiliki fungsi untuk menaikan
  11. kecepatan dari aliran udara. Dengan hadirnya venturi, maka kecepatan mobil akan kencang dan berbeda dengan tipe mobil lainnya.

Karburator adalah komponen penyuplai campuran udara pada mesin. Untuk menjaga karburator dalam kondisi baik sobat Info-Otomotif dapat melakukan perawatan dengan cara menggunakan carbocleaner agar kondisi karburator tetap bersih. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

081379267968

Dan konsultasi pengiriman pada no

085357247818

Featured image by tokoaki

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »