Mengenal ECU MOBIL (Electronic Control Unit)

 Mengenal ECU MOBIL (Electronic Control Unit)

Mengenal ECU MOBIL (Electronic Control Unit)

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian kelistrikan pada mobil, yang akan kita bahas kali ini adalah ECU (Electronic Control Unit), Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang ECU simak penjelasan dibawah ini

Pengertian ECU Mobil

Electronik control unit atau disingkat sebagai ECU, sebagai sirkuit elektronik utama yang terdapat pada mobil zaman sekarang ini, memiliki peran sebagai kontrol utama yang mengendalikan fungsi hardware pada mobil, seperti sistem injeksi, pengereman, sensor dan hardware lainya, dengan kata lain ECU dapat dikatakan sebagai central prosesing unit yang terdapat pada komputer.

Sistem penting yang diatur ECU antara lain :

  • Mendeteksi kerusakan melalui sensor dan memunculkanya di lampu indicator mobil.
  • Mengatur kinerja mesin secara keseluruhan, baik pada sistem pembakaran hingga kelistrikan
  • Mengatur kerja air conditioning (AC)

Bahkan pada ecu mobil terbaru saat ini, dapat mengatur banyak hal

MACAM–MACAM ECU PADA KENDARAAN

Terdiri beberapa module dalam satu ECU, macam modul yang terdapat didalamnya dapat dilihat dari penjelasan dibawah ini

1.ECM (Engine control module), ECM mengatur mesin mulai dari poses starting, penyalaan busi, kinerja mesin, hingga penginginan mesin.

2.PCM (powertrain control module), PCM mengatur kinerja sistem powertrain mobil, biasanya module ini akan memastikan aliran tenaga dari mesin sampai keroda dengan efisien.

3.BCM (body control module), BCM mengatur kinerja kelistrikan body seperti lampu, horn, wiper otomatis/manual, dan head unit pada dashboard.

4.TCM (transmission control module), TCM hanya ada pada mobil bertransmisi otomatis. Fungsinya jelas untuk mengatur perpindahan dan moment transmisi sesuai RPM mesin dan kondisi yang dibutuhkan.

5.ABS Control Module, ABS control module terdapat pada mobil berteknologi rem ABS. Fungsinya mengatur sistem pengereman untuk mencegah roda terkunci atau slip saat berada dijalanan licin. Module ini juga berperan dalam beberapa sistem keselamatan seperti elektronik stability system dan hill start assist.

6.HVAC Control Module, Module ini juga hanya ditemui pada mobil yang mengusung auto AC system. Module ini memungkinkan pengendalian sirkulasi kabin secara otomatis sesuai atmosfir didalam dan diluar kabin.

7.Airbag Control Module, Sistem airbag adalah suatu perangkat passive safety system atau sistem keselamatan pasif saat terjadi benturan untuk mencegah cidera pada beberapa bagian tubuh penumpang. Module inilah yang bertugas mengembangkan kantung ini.

YANG MENYEBABKAN ECU MOBIL RUSAK

Komponen ECU pun dapat mengalami kerusakan, dapat disebabkan karena usia mobil yang sudah lama, penggunaan yang tidak wajar seperti mengubah kelistrikan mobil demi meningkatkan performa maupun jarak tempuh mobil yang sudah cukup jauh

Berikut ini ciri kerusakan pada ECU, yaitu:

  • Sulitnya menyalakan mesin mobil
  • Bahan bakar terasa lebih boros
  • Mesin terasa tersendat saat mobil digunakan
  • Berkurangnya tenaga mobil
  • Lampu check engine menyala selalu bahkan mati total

Tips Perbaikan ECU Mobil

Dikutip dari GridOto.com, untuk mengetahui letak kerusakan ECU mobil secara menyeluruh, perlu ada pengecekan fisik. Selanjutnya, diperlukan juga pembongkaran agar komponen internal mobil dapat diperiksa dengan alat multitester.

Setelah mengetahui kegunaan dan cara kerja komponen ECU, kini Anda bisa mengetahui seberapa pentingnya komponen ini. Yang perlu Anda lakukan adalah selalu evaluasi komponen dan merawatnya. Jika terdapat kerusakan pada kelistrikan mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by moladin

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »