Mengenal komponen kopling dan fungsinya

 Mengenal komponen kopling dan fungsinya

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian komponen mesin yang berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke gigi transmisi dan juga memutus srus tenaga dr mesin ke gigi transmisi, yang akan kita bahas kali ini adalah kopling. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang kopling simak penjelasan dibawah ini

FUNGSI KOPLING

Kopling adalah bagian komponen mobil yang berfungsi mengatur kecepatan mobil dengan cara memutus tenaga dari mesin manual yang terhubung ke transmisi, saat tenaga terputus pengemudi bisa memindahkan transmisi ke kecepatan yang dibutuhkan tanpa harus takut merusak gigi transmisi. Jika tidak dilakukan pemutusan tenaga akan terjadi benturan gear/gigi saat perpindahan transmisi yang akan merusak gear/gigi yang terdapat di dalam mesin, fungsi lain kopling dapat kita simak dibawah ini :

  1. Memperhalus perpindahan gigi yang akan dilakukan pengemudi
  2. Membantu menghentikan kendaraan jika keadaan darurat atau mengerem mendadak (engine break)
  3. Menghentikan laju kendaraan tanpa mematikan mesin dengan cara menekan kopling, berguna saat dalam keadaan macet.

KOMPONEN PEMBENTUK KOPLING

Kopling terdiri dari beberapa komonen yang saling mendukung fungsi satu sama lain, untuk mengetahui lebih lanjut lihat penjelasan dibawah ini

  1. Pedal kopling, merupakan komponen kopling yang digunakan pengemudi untuk menyambung ataupun memutus tenaga dari mesin ke gigi transmisi.
  2. Release bearing, komponen ini berfungsi untuk menekan clutch cover.
  3. Clutch cover, komponen ini adalah komponen yang menekan clutch disc agar dapat meneruskan ataupun memutus tenaga yang disalurkan mesin.
  4. Release fork atau biasa disebut garpu pembebas ini berfungsi sebagai penekan release bearing.Clutch disc, komponen ini berfungsi sebagai penerus ataupun pemutus tenaga putar, dari mesin ke clutch cover dan transmisi.
  5. Master clutch, Merupakan komponen yang akan bekerja untuk mengubah tenaga mekanis menjadi tekanan hidrolik ketika pedal ditekan. Di sini terdapat dua bagian yaitu master silinder kopling atas dan bawah. Bagian atasnya dihubungkan ke push rod sehingga mampu menerima tekanan langsung pedal kopling. Sedangkan master silinder kopling bawah akan menerima tekanan yang nantinya disalurkan oleh minyak kopling. Baru setelahnya tekanan disalurkan ke garpu pembebas atau fork sebagai media pendorong.
  6. Flywheel, tidak hanya sebagai komponen yang meneruskan putaran mesin, komponen ini juga berfungsi sebagai dudukan cluth cover/matahari.

Kopling adalah komponen yang penting bagi mesin karena berfungsi menyalurkan tenaga. Untuk menjaga kopling dalam kondisi baik sobat Info-Otomotif dapat melakukan perawatan dengan cara mengganti kampas kopling apabila takrikan mesin melemah dan saat pedal digunakan terasa tidak responsive. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

081379267968

Dan konsultasi pengiriman pada no

085357247818

Featured image by montirpro

Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »