Mengenal oli dan jenis oli pada mobil

 Mengenal oli dan jenis oli pada mobil

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian bukan komponen mesin, yaitu benda cair yang sangat berguna dan sangat dibutuhkan oleh mesin, yaitu oli. Jika sobat info otomotif ingin tau lebih lanjut tentang simak penjelasan dibawah ini

OLI

Oli adalah pelumas yang berfungsi mengurangi gesekan pada mesin ataupun bagian krusial lainya pada mobil, akibat berkurangnya gesekan suhu pada mesin dan komponen bergesekan lainya pada mobil akan berkurang dengan kata lain oli juga berfungsi sebagai penurun suhu pada bagian yang bergesekan, sekaligus menambah usia pakai mesin, oleh karena itu kita harus melakukan pergantian rutin pada oli agar kondisi mesin selalu prima dan terjaga dengan baik.

oli pada pada mobil tidak hanya satu jenis, setidaknya ada 5 jenis oli pada mobil harus diketahui sobat info-otomotif agar tidak salah dalam melakukan pergantian oli, simak penjelasanya dibawah ini.

  1. Oli Mesin

Seperti namanya oli mesin digunakan di mesin untuk mengurangi gesekan pada mesin dan juga mendinginkan suhu mesin. Agar tetap dalam kondisi baik, oli mesin biasanya diganti pada jarak tempuh 5.000km hingga 10.000km.

  1. Oli Transmisi

Pada sistem transmisi, oli terbagi menjadi 2 yaitu oli untuk transmisi matic dan manual, dalam hal ini oli berfungsi memperhalus perpindahan transmisi pada mobil, oli transmisi pada mobil manual sebaiknya diganti saat jarak 10.000km dan mobil matik mencapai 20.000km.

  1. Oli Gardan

Oli gardan berfungsi mengurangi gesekan pada komponen gardan mobil, sobat info-otomotif juga perlu memperhatikan oli pada gardan, karena tenaga yang dihasilkan mesin akan disalurkan melalui gardan menuju roda. Oli gardan sebaiknya diganti di kisaran jarak 10.000km, jika telat melakukan pergantian pada oli gardan biasanya akan terjadi dengung saat mobil berjalan.

  1. Oli Rem

Oli rem atau biasa disebut minyak rem berfungsi memberikan tekanan pada piston rem, tekanan tersebut akan diteruskan ke kampas rem agar menjepit cakram dan terjadilah pengereman, oli rem biasanya diganti saat terjadi perubahan warna.

  1. Oli Power Steering

Oli power steering berfungsi memperingan putaran stir pada mobil, oli ini harus diganti saat berubah warna menjadi coklat atau hitam.

Oli adalah komponen yang berperan penting pada mesinjika oli tidak diganti dengan rutin maka mesin akan cepat panas bahkan dapat memperpendek umur mesin. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada metal mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

081379267968

Dan konsultasi pengiriman pada no

085357247818

featured image by daihatsu

Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »