Mengetahui macam-macam sensor pada mobil dan fungsinya

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian sensor mobil, pada mobil jaman sekarang ini terdapat banyak sekali indikator yang ditampilkan pada dashboard mobil, indikator tersebut menampilkan keadaan yang terjadi pada bagian penting mobil, fitur ini berfungsi sebagai penunjuk bagaimana keadaan mobil ke pengemudi, missal suhu kabin, banyaknya bensin, kondisi oli dan lain sebagainya. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang macam macam sensor simak penjelasan dibawah ini

Apa saja macam-macam sensor pada mobil dan fungsinya?

  1. IAT (Intake Air Temperature) sensor

IAT (Intake Air Temperature) berfungsi mengatur suhu udara yang masuk ke intake manifold. Sensor IAT biasanya diletakkan dekat dengan filter udara.

  1. MAF (Mass Air Flow Pressure) sensor

MAF (Mass Air Flow) berfungsi menghitung massa udara yang masuk ke intake manifold melalui aliran udara yang masuk. Sensor pada mobil ini kadang juga disebut dengan nama Air Flow Meter.

  1. TPS (Throttle Position Sensor)

TPS (Throttle Position Sensor) berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup gas. Sensor ini umum ditemukan pada mobil yang mengusung teknologi Electronic Fuel Injection. Data dari TPS kemudian akan digunakan untuk menentukan seberapa banyak bahan bakar yang harus disalurkan ke dalam mesin.

  1. MAP (Manifold Air Pressure) sensor

MAP (Manifold Air Pressure) sensor memiliki fungsi untuk mengukur tekanan udara di dalam intake manifold (menjaga tekanan pada intake manifold)

  1. CKPs (Crankshaft Position sensor)

Crankshaft Position sensor adalah sensor yang berfungsi mengetahui seberapa cepat laju mesin (rpm). Crankshaft Position Sensor biasanya diletakkan dekat dengan blok mesin. Sensor ini mengandalkan gaya gerak maghnet guna mengetahui laju mesin.

  1. CMPs (Camshaft Position sensor)

Camshaft Position sensor memiliki cara kerja yang sama dengan CKPs. CMPs berfungsi mengetahui posisi piston saat sedang diatas, Data dari CMPs akan digunakan untuk mengatur timing pengapian pada mesin.

  1. Air fuel ratio sensor

Air fuel ratio sensor atau A/F sensor adalah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi campuran udara dan bahan bakar di dalam tangki bahan bakar. Sensor ini akan mencari tahu apakah komposisi campuran tersebut sudah sesuai ukuran pada saat mesin dalam posisi idle.

  1. Oil pressure sensor

Oil pressure sensor berfungsi mendeteksi tekanan oli di dalam mesin. Sensor ini akan aktif di saat mesin mobil dalam kondisi hidup. Pada saat tekanan oli menurun, sensor akan mengirim sinyal peringatan melalui indikator oli yang dapat dilihat oleh pengemudi agar mengganti olinya.

  1. Knock sensor

Knock sensor berfungsi mendeteksi adanya engine knocking atau detonasi. Knocking dapat terjadi jika proses pembakaran pada mesin tidak tepat waktu. Kondisi ini dapat dikenali dari suara ketukan logam pada dinding silinder mesin. Knock sensor bekerja dengan menghasilkan tegangan saat mendeteksi adanya getaran.

  1. Fuel level sensor

Fuel level sensor berfungsi mengukur jumlah bahan bakar yang ada di dalam tangki. Data dari sensor akan dikirim langsung pada indicator bensin, hal ini memudahkan pengemudi

​​​​​​​11. Fuel tank pressure sensor

Fuel tank pressure sensor berfungsi untuk mengukur seberapa besar tekanan bahan bakar di dalam tangki. Tekanan pada tangki muncul akibat adanya uap bahan bakar dan turbulensi mesin. Uap tersebut kemudian akan diteruskan ke komponen charcoal canister.

  1. Fuel rail pressure sensor

Fuel rail pressure sensor berfungsi mendeteksi tekanan bahan bakar pada fuel rail (umumnya ada di mesin diesel). Fungsi utamanya adalah menentukan agar pompa tidak memberikan tekanan yang terlalu tinggi pada fuel rail. Ini karena tekanan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya pembakaran tidak sempurna pada mesin mobil.

  1. Fuel temperature sensor

Fuel temperature sensor berfungsi untuk mengukur suhu bahan bakar yang lewat melalui fuel line. Data ini diperlukan karena suhu bahan bakar sangat memengaruhi kinerja mesin.

  1. Fuel line pressure sensor

Fuel line pressure sensor berfungsi mengukur tekanan bahan bakar. Tujuannya adalah agar tekanan dalam sistem bahan bakar tetap stabil sehingga fuel pump bisa bekerja dengan optimal.

  1. Oxygen sensor

Oxygen sensor berfungsi mengukur kadar oksigen yang terkandung di dalam gas buang. Jika gas buang mengandung oksigen, maka bisa dipastikan proses pembakaran mesin kurang tepat. Dengan begitu, nantinya dapat diatur sistem pengapian yang lebih sesuai.

  1. WTS (Water Temperature Sensor)

WTS (Water Temperature Sensor),berfungsi mengukur suhu air pendingin. Sensor ini juga berfungsi untuk menjaga agar suhu air pendingin tetap sesuai, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Tujuannya adalah agar suhu mesin tetap terjaga.

  1. Refrigerant pressure sensor

refrigerant pressure sensor berfungsi sebagai pegukur tekanan dari kompresor ac, untuk menurunkan panas laten pada sistem pendingin.

  1. Brake pedal sensor

Brake pedal sensor berfungsi untuk mendeteksi posisi pedal rem, apakah sedang diinjak atau dilepaskan. Pada mobil otomatis, sensor ini juga membantu untuk menentukan starting mesin. Jika sensor mendeteksi pedal rem tidak diinjak, maka mesin tidak akan hidup.

  1. Turbo boost sensor

Turbo boost sensor berfungsi dari sensor ini adalah untuk mengukur besaran tekanan udara yang dihasilkan turbocharger. Tujuannya adalah supaya tekanan tetap stabil mengingat tekanan yang rendah akan sangat memengaruhi kinerja mesin.

​​​​​​​20. VSS (vechile speed sensor)

Vehicle speed sensor berfungsi untuk mendeteksi kecepatan mobil. Cara kerjanya adalah dengan menghitung putaran roda mobil. Komponen ini biasanya terdiri atas cincin bergerigi dan pick-up.

Setelah mengetahui banyak macam sensor pada mobil, kini Anda bisa mengetahui rumitnya sistem sensor yang bekerja pada mobil saat ini. Agar mobil anda tetap prima yang perlu Anda lakukan adalah selalu evaluasi komponen dan merawatnya. Jika terdapat kerusakan pada sensor  mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

081379267968

Dan konsultasi pengiriman pada no

085357247818

Featured image by

 

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »