Mesin 3-silinder turbo, ini kelebihan dan kelemahanya

 Mesin 3-silinder turbo, ini kelebihan dan kelemahanya

Mesin 3 silinder turbo, simak kelebihan dan kelemahanya

Halo sobat info-otomotif kali ini kita akan membahas tentang mesin  3-silinder, beberapa orang menyebut mesin ini sebagai mesin liar. Dan di tahun 2021 adalah tahun banyak munculnya mobil dengan mesin 3-silinder turbo sebagai dapur pacunya. Demi mengejar efisiensi, beberapa diantaranya adalah Daihatsu Rocky, Toyota Gr Yaris dan Toyota Raize. Jika sobat Info-Otomotif ingin lebih mengetahui tentang mesin 3-silinder simak penjelasan dibawah ini

KELEBIHAN MESIN 3-SILINDER TURBO

Mesin 3-silinder turbo yang disematkan pada mobil saat ini bukan tanpa alasan, hal ini dikarnakan cukup banyak keuntungan yang didapatkan dari mesin 3-silinder turbo ini, diantaranya adalah

1. TENAGA SEMAKIN BESAR

mesin ini memiliki tenaga yang cukup besar karena sudah disematkan turbo, dengan menambahkan turbo pada mesin 3-silinder menyebabkan tenaganya pun cukup besar.

2. HEMAT BAHAN BAKAR

Mesin dengan jumlah silinder yang sedikit, juga berefek ke ruang pembakaran yang lebih sedikit. Alhasil kebutuhan bahan bakar mesin 3-silinder tidak perlu banyak untuk bisa memicu terjadinya pembakaran. Inilah alasan mobil-mobil dengan mesin 3-silinder lebih irit bahan bakar.

3. BIAYA PERAWATAN LEBIH MURAH

Dibanding mesin 4-silinder, tentu mesin-3 silinder punya komponen yang lebih sedikit. Sesuai nama, silinder dan pistonnya juga cuma tiga unit. Umumnya jumlah busi pun mengikuti jumlah silinder, biasanya juga cuma tiga komponen, dan oli yang digunakan pun lebih sedikit dari mobil bersilinder 4 atau lebih.

4. DIMENSI MESIN KECIL, RUANG KABIN BISA DIMAKSIMALKAN

Mesin dengan 3-silinder ini punya ukuran yang kecil, walaupun ditambah turbo. Hal ini menyebabkan beberapa pabrikan dapat memksimalkan ruang kabin sehingga dapat lebih luas ataupun memperkecil dimensi mobil.

BACA JUGA : MENGENAL TURBO PADA MOBIL DAN FUNGSINYA

KELEMAHAN MESIN 3-SILINDER

Ada kelebihan ada juga kekuranganya, hal ini disebabkan karena mesin 3-silinder dianggap pincang dengan jumlah piston yang ganjil.

1. GETARAN MESIN 3-SILINDER LEBIH TERASA

Konfigurasi mesin 3-silinder berarti ganjil, otomatis mesin bakal menghasilkan vibrasi lebih kuat dibanding yang punya silinder genap. Secara sederhana, getaran ini muncul karena jumlah silinder yang tidak seimbang.

2. MESIN 3-SILINDER LEBIH BERISIK

Kendala lain yang biasanya ditemui yakni suara dari mesin 3 silinder dirasakan terdengar lebih kasar dibanding mesin konfigurasi genap seperti 3 silinder. Kombinasi getaran dan suara bising membuat kita di kabin merasa kurang senyap.

CARA PABRIKAN MENGATASI MASALAH PADA MESIN 3-SILINDER

Kelemahan konfigurasi pada mesin 3-silinder ini pun telah mampu di atasi dengan baik. Getaran mesin berlebih telah tereduksi dengan beragam teknologi berbeda dari setiap produsen. Caranya bisa dengan menambah balancer shaft, fleksible flywheel, atau engine mounting hidroulis. Hal ini dilakukan agar masalah pada mesin 3-silinder dapat diminimalisir dan mesin semakin halus.

pastikan kondisi mobil anda tetap prima, lakukan pemeriksaan dan servis secara berkala di bengkel kepercayaan anda.

 

 

 

featured image by moladin

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »