perbandingan mobil hybrid dan mobil listrik

 perbandingan mobil hybrid dan mobil listrik

perbandingan mobil hybrid dan mobil listrik

Halo sobat info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang apa yang membedakan mobil hybrid dan listrik, adanya mobil listrik ataupun hybrid dikarenakan produsen otomotif berlomba lomba menciptakan teknologi mobil yang hemat dan ramah lingkungan. Jika sobat Info-Otomotif ingin mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan antara mobil listrik dan hybrid, simak penjelasan dibawah berikut

AWAL MULA MESIN LISTRIK MULAI DIGUNAKAN PADA MOBIL

Elektrifikasi pada mobil berawal pada era hybrid, hal ini dikarnakan produsen mobil berlomba untuk menciptakan kendaraan yang hemat dan ramah lingkungan di tengah banyaknya isu pemanasan global yang diakibatkan hasil pembakaran mobil bensin.

Hal ini semakin nyata karena pabrikan mulai mengeluarkan mobil listrik guna menekan polusi yang semakin buruk karena berbagai hal, apalagi disebabkan oleh bahan bakar fosil yang terus mengalami penyusutan dan bahkan habis jika terus menerus digunakan.

MOBIL HYBRID

phppgr9j0
MOBIL HYBRID

Mobil Hybrid adalah sebuah kendaraan yang diciptakan dengan dua mesin, yaitu mesin konvensional yang menggunakan bensin dan mesin yang menggunakan listrik. Mesin hybrid saling berkesinambungan guna saling memaksimalkan kinerja mesin.

Pada saat mobil hybrid bergerak lambat, sumber tenaga yang digunakan adalah motor listrik yang mengunakan daya dari baterai, dan mesin bensinnya non aktif. Jika mobil berjalan lebih cepat atau diatas kurang lebih di atas 40 km/jam, mesin bensin yang akan menggerakkan mobil sambil melakukan pengisian ulang baterai.

Mobil hybrid juga menggunakan pengereman regeneratif (Regenerative Braking), yang berarti saat melakukan pengereman putaran roda akan menjadi generator guna mengisi baterai mobil hybrid.

KEUNGGULAN MOBIL HYBRID DIBANDINGKAN MOBIL LISTRIK

  • TIDAK BUTUH ISI ULANG BATERAI

Mobil hybrid menggunakan bahan bakar bensin sebagai bahan bakar utama, namun juga dibantu oleh mesin listrik guna membuat mobil ini lebih irit dan juga efisien, pada mobil hybrid seperti sudah dijelaskan diatas baterai pada mobil hybrid tidak perlu di cas melainkan mengisi ulang melalui generator pada mesin ataupun generator pada pengereman, hal ini merupakan kelebihan karena pengecasan mobil listrik belum banyak tersedia di daerah yang cukup terpencil.

  • MOBIL HYBRID LEBIH MURAH DIBANDING MOBIL LISTRIK

Mobil hybrid lebih murah dibanding mobil listrik murni tetapi lebih mahal dibanding mobil konvensional yang menggunakan bensin, hal ini mungkin dikarenakan komponen kelistrikan pada mobil hybrid lebih sedikit daripada mobil listrik.

KELEMAHAN MOBIL HYBRID DIBANDINGKAN MOBIL LISTRIK

  • PERAWATAN SEMAKIN MAHAL

Mobil hybrid menggunakan sistem yang diberi nama Hybrid Synergi Drive (HSD) yang mengatur kerja mesin sesuai yang dibutuhkan pengemudi, di mobil ini juga terdapat mode berkendara dari ECO untuk berkendara irit, NORMAL untuk berkendara biasa, ataupun SPORT untuk merasakan performa mesin dengan maksimal. Sehingga kedua mesin selalu bekerja berdampingan namun dibantu oleh computer, oleh karena itu terdapat dua mesin yang perlu dirawat agar kondisi mobil selalu prima, yaitu perawatan mesin bensin dan perawatan mesin listrik. Yang cukup mahal dalam perawatan juga dikarenakan jika terjadi kerusakan pada baterai dan motor listrik hanya bisa di betulkan oleh dealer resmi yang harganya cukup mahal jika garansi sudah habis.

 

MOBIL LISTRIK

kona os ev highlights side front rear view pc
 MOBIL LISTRIK

Mobil listrik hanya mengunakan listrik murni untuk menggerakan roda, sehingga tidak terjadi proses pembakaran pada mobil listrik yang berarti mobil listrik hanya murni menggunakan energi listrik, mobil ini menggunakan charger ataupun stasiun pengisian listrik yang sudah disediakan di beberapa daerah.

Bila menghitung biaya pengisian listrik per KWH, mobil listrik memang menawarkan efisiensi energi yang sangat baik. Untuk rumah dengan daya listrik besar, misalnya 3.500 Watt, bisa melakukan pengisian daya sendiri walaupun prosesnya makan waktu lama.

Implementasi Perpres No. 55 tahun 2019 membuat harga mobil listrik jadi kian terjangkau. Kedatangan Hyundai yang juga sedang membangun pabrik mobil di Indonesia membuat industri mobil listrik dalam negeri pun bangkit.

KEUNGGULAN MOBIL LISTRIK

  • MUDAHNYA BIAYA PERAWATAN MOBIL LISTRIK

Dari sisi perawatan, mobil listrik ini sangat mudah dan bisa dibilang tidak perlu sering-sering masuk bengkel. Perawatan rutin bisa dilakukan setiap setahun sekali. “Di mobil ini ada motor penggerak roda, butuh pelumas tapi hanya 1 liter, jadi tidak butuh penggantian berkala. Interval yg dibutuhkan itu hanya 15 ribu kilometer sekali atau setiap setahun tahun sekali,”

  • MURAHNYA PENGUNAAN LISTRIK JIKA DIBANDINGKAN DENGAN BENSIN

Banyak sekali pengguna mobil listrik yang mengunggah betapa iritnya penggunaan listrik dibandingkan dengan bensin, dengan kata lain efisiensi bahan bakarnya sangat baik karena dalam satu kali pengisian baterai full dengan estimasi biaya sekita Rp. 125.000 dapat menempuh jarak sekitar 120 km.

KELEMAHAN MOBIL LISTRIK

  • SULITNYA MENGISI BAHAN BAKAR

Hal ini disebabkan belum banyaknya stasiun pengisian bahan bakar untuk mobil listrik di daerah yang cukup terpencil, walaupun terdapat charger yang dapat dibawa belum semua bangunan dan gedung dapat digunakan mengecas karena dayanya tidak kuat.

Jika dibandingkan penggunaan kendaraan hybrid maupun listrik dapat digunakan sesuai kebutuhan sobat info-otomotif, oleh karena itu pilihlah kendaraan sesuai kebutuhan yang sobat info-otomotif perlukan. Untuk menjaga kondisi mobil agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »