Rem tromol mobil dan komponenya

 Rem tromol mobil dan komponenya

Rem tromol mobil

Halo sobat info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian kaki-kaki pada mobil, bagian ini adalah bagian yang cukup penting dalam memperlambat dan menghentikan mobil sobat info-otomotif, yaitu rem. Jika sobat Info-Otomotif ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagian rem tromol mobil mobil simak penjelasan dibawah berikut

REM TROMOL MOBIL

Rem tromol adalah salah satu tipe rem yang menggunakan metode gesekan antara kampas rem dengan komponen berbentuk mangkuk, perbedaan dengan rem cakram ada pada gesekan yang dilakukan, untuk rem cakram kampas rem menjepit piringan cakram sehingga terjadi gesekan, sedangkan rem tromol kampas saling menjauhi agar bergesekan dengan mangkuk rem.

KOMPONEN REM TROMOL

1.Backing Plate

Backing plate berfungsi sebagai pelindung untuk komponen rem tromol, biasanya backing plate terbuat dari bahan logam yang tipis dan diletakan di belakang rem tromo., bentuk buxking plate adalah lempengan logam melingkar yang agak cekung dan terdapat lubang maupun tonjolan.

2.Silinder Roda

ungsi silinder roda, hampir sama dengan kaliper pada rem cakram. Yakni untuk menggerakan sepatu rem untuk bergerak menekan tromol rem. Bentuk silinder roda, seperti sebuah silinder yang memiliki dua buah piston pada dua ujungnya. Didalam silinder ini, terisi cairan hidrolik yang akan menggerakan piston ke luar. Saat piston terdorong oleh cairan hidrolik maka kampas rem akan ikut bergerak ke arah luar. Sehingga penekanan kampas rem terhadap tromol bisa terjadi.

3.Sepatu Rem & Kampas

Sepatu rem berfungsi sebagai tempat menempelkanya kampas rem, sehingga bentuk sepatu adalah sebuah plat melengkung dengan lubang untuk paku rivet sebagai pelekat kampas rem mobil, sehingga sepatu tidak bersinggungan langsung dengan tromol mobil.

4. Spring

Return spring adalah komponen berbentuk per yang berfungsi mengembalikan posisi tromol pada posisi semula sesudah pengereman, komponen ini sangat penting karena jika tromol terlalu sering bergesekan akan menyebabkan tromol cepat aus dan sering menghabiskan kampas rem. Return spring dibagi menjadi 2 yaitu upper spring dan lower spring.

Uper spring yaitu pegas atau per yang posisinya berada pada sisi atas atau tepatnya berada di bawah roda silinder. Fungsi utama dari uper spring adalah mengembalikan posisi sepatu rem ke posisi yang awalnya.

Lower Spring yaitu pegas atau per yang letaknya berada pada sisi adjuster dan fungsinya sangat berbeda dengan uper spring. Lower spring berfungsi untuk menjaga posisi 2 buah sepatu rem tromol, supaya bisa menekan di bagian adjuster.

5.Brake Shoe Holder

Brake shoe holder bisa dikatakan sebagai dudukan sepatu pada sistem rem tromol, dudukan ini menahan sepatu agar sesuai dengan penempatan yang dibutuhkan, brake shoe holder dapat dikatakan flexible karena dapat mengikuti gerask sepatu saat melakukan pengereman.

6.Brake Shoe Adjuster

Brake shoe adjuster berfungsi untuk menyetel celah yang muncul di antara kampas rem tromol dengan permukaan tromol saat adanya gerakan dari pedal rem, baik itu gerakan menekan atau penarikan bagian tuas rem.

7.Parking Brake Lever

Parking brake lever atau biasa disebut handle rem tangan hanya dapat ditemukan pada kendaraan mobil, handle ini dibuat dengan engsel guna menarik tuas agar dapat mengerem saat mobil berhenti, dengan adanya parking brake lever, maka kontruksi rem tromol akan terlihat lebih rumit. Dalam sistem kerja parking brake lever, tentu ada 2 buah lever yang akan dijumpai yaitu park brake lever dan brake shoe link.

Park brake lever dibuat dengan salah satu ujung lengannya memiliki bagian engsel yang akan terhubung dengan brake shoe di bagian sisi atas dan pada bagian ujungnya akan terhubung dengan kabel rem. Sedangkan brake shoe link akan menghubungkan antara park brake lever dengan brake shoe yang satunya.

8. Tromol

Tromol berfungsi sebagai media gesekan yang akan bergesekan dengan kampas rem sehingga tromol dibuat dengan sangat keras, oleh sebab itu tromol dibuat dari baja tuang, bentuk tromol menyerupai tabung, biasanya tromol langsung terhubung dengan baut roda sehingga akan berputar mengikuti putaran roda.

9.Parking Brake Cable

Parking brake cable merupakan komponen rem tromol yang berbentuk kabel baja yang biasa dipakai untuk menarik sistem rem tromol. Jenis kabel yang dipakai tidak jauh berbeda dengan jenis kabel baja yang lainnya. Fungsi utama parking brake cable adalah menghubungkan gerakan tuas rem parkir dengan parking brake lever yang posisinya berada dalam sistem rem tromol.

Sistem rem tromol adalah salah satu sistem pengereman yang umum digunakan kendaraan roda dua atau lebih. Rem tromol harus dilakukan perawatan dengan cara menganti kampas yang aus ataupun bagian per yang rusak, jika tidak langsung diganti maka akan mesrusak tromol karena langsung bergesekan dengan sepatu rem dan akan merusak permukaanya. Untuk menjaga kondisi mobil agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by wabco

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »