Sistem pemindah tenaga pada mobil (RWD)

 Sistem pemindah tenaga pada mobil (RWD)

Sistem pemindah tenaga pada mobil (RWD)

Halo sobat info-Otomotif kali ini kita akan membahas tentang bagian omponen sistem pemindah tenaga pada mobil, sistem ini tersusun dari berbagai komponen yang berfungsi dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Jika sobat Info-Otomotif ingin tau lebih lanjut tentang bagian sistem pemindah tenaga pada mobil (RWD) ini simak penjelasan dibawah berikut

KOMPONEN SISTEM PEMINDAH TENAGA DAN FUNGSINYA

Komponen sistem pemindah tenaga (power train system) tersusun dari beberapa komponen yang memindahkan tenaga dari mesin kemudian disalurkan ke ban, sistem pemindah tenaga ini dibedakan berdasarkan sistem penggerak roda yang digunakan pada kedaraan tersebut, misal antara sistem penggerak roda tipe FWD (Front Wheel Drive) seperti namanya FWD adalah mobil yang tenaganya hanya disalurkan ke roda depan, tipe RWD (Rear Wheel Drive) seperti namanya RWD adalah mobil yang tenaganya hanya disalurkan ke roda belakang dan tipe 4-WD (Four Wheel Drive) sedangkan 4-WD adalah mobil yang tenaganya disalurkan ke roda depan dan belakang, sistem pemindah tenaga yang terdapat pada masing – masing sistem penggerak roda tersebut tentu berbeda.

Yang akan kita bahas kali ini adalah sistem penggerak roda belakang (RWD), berikut komponen atau bagian sistem pemindah tenaga mobil berpenggerak roda belakang dan fungsinya:

1.Kopling (Clutch)

Kopling berfungsi menghubungkan dan memutus tenaga yang dihasilkan dari mesin ke transmisi pada mobil

2.Transmisi (transmission)

Selain berfungsi sebagai penyalur tenaga mobil, transmisi juga berfungsi merubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dengan kondisi jalan, transmisi juga memungkinkan mobil dapat berjalan mundur

3.Poros Propeller (Propeller Shaft)

Fungsi propeller shaft pada mobil adalah untuk meneruskan atau memindahkan tenaga putar dari transmisi menuju bagian komponen gardan mobil.

4.Gardan (Differential)

Gardan berfunsi sebagai pengubah tenaga putar dari poros propeller ke poros roda dan sekaligus menaikkan momen differensial untuk menyeimbangkan putaran antara roda roda kiri dan roda kanan pada saat mobil berbelok.

5.Poros Roda (Rear Axle)

Poros Roda berfungsi untuk meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda dan sekaligus memikul beban kendaran.

Untuk menjaga sistem penggerak dalam kondisi baik sobat Info-Otomotif dapat melakukan perawatan dengan cara mengganti part yang rusak ataupun melumasi part yang perlu dilumasi. Untuk menjaga mesin agar selalu prima sobat Info-Otomotif harus selalu melakukan pengecekan, servis mesin secara berkala dan melakukan penggantian suku cadang apabila sudah mengalami kerusakan.

Jika terdapat kerusakan pada mesin mobil sobat Info-Otomotif bisa melakukan melakukan konsultasi pembelian pada no dibawah ini

whatsapp ordergoogle maps

Featured image by nawawi toyota

Info Otomotif Barokah Motor

https://info-otomotif.com

BUKAN SIAPA SIAPA HANYA PEMUDA YANG MEMILIKI MIMPI

Related post

Translate »